Ditangkap, Buronan Korupsi Sebut Sejumlah Nama

Selasa, 20 September 2016 - 01:05 WIB
Ditangkap, Buronan Korupsi Sebut Sejumlah Nama
Ditangkap, Buronan Korupsi Sebut Sejumlah Nama
A A A
BLITAR - Aparat Polres Blitar membidik sejumlah tersangka baru dari penangkapan Toni Hari Sulistiyo, (54) buronan kasus penyelewengan dana hibah (jasmas).

Dalam "nyanyianya' Toni menyebut beberapa nama termasuk oknum LSM yang diduga terlibat. "Apa yang menjadi keterangan tersangka akan kita kembangkan," ujar Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya kepada wartawan.

Toni dibekuk di salah satu rumahnya Desa Gondangrejo, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan Minggu 18 September 2016 malam.

Penangkapan dilakukan aparat Polres Blitar dengan backup petugas Polres Kota Pasuruan. Polres Blitar merupakan salah satu aparat hukum yang memburu Toni.

Yang bersangkutan terbukti menggelapkan dana jasmas Provinsi Jawa Timur Tahun 2012-2013 untuk wilayah Kabupaten Blitar.

Ada sebanyak 215 paket jasmas. Setiap desa menerima Rp 140 juta. Data yang dihimpun Toni memotong dana bantuan Rp 100 juta per desa dengan dalih untuk biaya pengurusan.

Toni yang lahir di Kediri berlatar belakang sebagai aktivis. Informasinya dia yang membuat proposal sekaligus menyambungkan desa pemohon dengan Provinsi Jawa Timur.

Informasinya Toni tidak hanya beraksi di Blitar. Dari 350 paket jasmas senilai Rp 2,7 triliun untuk se Jawa Timur, diduga pelaku bermain di seluruh daerah penerima.

Mulai tahun 2014 Kejaksaan Negeri Bangil Pasuruan menetapkanya sebagai tersangka. Sejak itu juga yang bersangkutan menghilang dan langsung ditetapkan DPO.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4637 seconds (0.1#10.140)