Ridwan Kamil Siapkan Beasiswa Kuliah Rp20 Miliar bagi Warga Miskin

Jum'at, 09 September 2016 - 03:02 WIB
Ridwan Kamil Siapkan Beasiswa Kuliah Rp20 Miliar bagi Warga Miskin
Ridwan Kamil Siapkan Beasiswa Kuliah Rp20 Miliar bagi Warga Miskin
A A A
BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan mimpi besarnya. Ia ingin mayoritas warga Kota Bandung memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Hal itu untuk menunjang masa depan mereka. Sehingga Kota Bandung akan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam berbagai bidang.

Tapi, faktor ekonomi jadi salah satu penghambat untuk menciptakan SDM unggul. Tidak semua orangtua mampu membiayai anaknya hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Ia pun berencana memberikan beasiswa bagi mereka yang berasal dari latar belakang keluarga tidak mampu sehingga persoalan biaya tidak jadi alasan bagi warga tidak mampu untuk menimba ilmu di perguruan tinggi.

"Kita minta Dinas Pendidikan (mengalokasikan) agar ada beasiswa untuk ke universitas bagi warga yang tidak mampu," kata Emil, sapaan akrabnya, di Pendopo Kota Bandung, Kamis (8/9/2016).

Beasiswa itu menurutnya akan terbagi dua. Pertama, beasiswa untuk biaya masuk kuliah. Kedua, beasiswa berupa subsidi untuk kuliah. Sejumlah perguruan tinggi pun siap bekerja sama dengan Pemkot Bandung untuk menampung mahasiswa yang jadi peserta beasiswa. "Kita sudah ada 20 universitas yang sudah menjadi mitra Pemkot Bandung. Kita bermimpi semua warga Bandung ini bisa meraih pendidikan tinggi."

Secara teknis, program beasiswa itu masih perlu dibahas lebih lanjut. Tapi, Pemkot Bandung sudah menyiapkan anggaran lebih besar untuk program beasiswa tersebut dibanding program beasiswa lain sebelumnya.

"Tahun ini bujet-nya Rp20 miliar, kita akan tingkatkan dua kali lipat (dibanding sebelumnya) untuk meningkatkan pelayanan dasar agar warga Bandung dibantu sampai sarjana," pungkas Emil.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7757 seconds (0.1#10.140)