Dihantam Angin Kencang Patung Monpera di Balikpapan Ambruk

Kamis, 08 September 2016 - 21:33 WIB
Dihantam Angin Kencang Patung Monpera di Balikpapan Ambruk
Dihantam Angin Kencang Patung Monpera di Balikpapan Ambruk
A A A
BALIKPAPAN - Patung Monumen Perjuangan Kemerdekaan Rakyat (Monpera) yang berusia 33 tahun di Balikpapan Kalimantan Timur ambruk akibat diterjang angin kencang, Kamis petang (8/9/2016). Beruntung tak ada korban jiwa saat kejadian terjadi sebab di lokasi kejadian tengah sepi wisatawan yang berkunjung.

Patung yang merupakan ikon kota berusia 33 tahun yang berdiri di Taman Wisata Perjuangan di Kawasan Klandasan ini terbelah menjadi dua bagian.

Tiga patung pemuda perjuangan dari Suku Dayak yang kokoh berdiri ini ambruk di sisi Barat Tugu. Warga yang penasaran berusaha mengabadikan kejadian ini.

Patung ini tegap berdiri sejak dibangun pada 19 November 1983 dan diresmikan Gubernur saat itu Suwandi. Selama ini patung yang menggambarkan tiga pemuda pejuang kemerdekaan ini selalu menjadi magnet wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan.

Guna menghindari material bangunan ambruk sebab membayakan warga dan pengunjung sejumlah pasukan tni dan Kepolisian dikerahkan mengamankan lokasi kejadian dengan memasang garis polisi.

Saat kejadian hembusan angin sangat kencang tak lama kemudian patung ambruk disusul suara keras.

Penyebab patung rubuh sendiri diduga akibat diterpa angin kencang ditambah struktur penyangga patung yang telah lama berkarat dan keropos.

Beruntung ambruknya patung setinggi 7 meter ini terjadi disaat wisatawan lokal tengah sepi sehingga tidak menyebabkan ada korban jiwa.

Dandim Balikpapan Letkol Inf Heri Setya mengatakan, monumen sempat mengalami pemugaran pada 1993 dan memang telah lama tidak dilakukan penggantian struktur.

Monumen ini merupakan aset Kota Balikpapan. Sangat disayangkan ikon Kota Balikpapan yang telah lama berdiri kokoh ini harus roboh.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5802 seconds (0.1#10.140)