Melukis Bareng Ratusan Pelajar Pacitan, SBY Selesaikan Lukisan Pantai Pancer Dorr

Minggu, 25 Juni 2023 - 16:37 WIB
loading...
Melukis Bareng Ratusan Pelajar Pacitan, SBY Selesaikan Lukisan Pantai Pancer Dorr
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melukis bareng 3.000-an pelajar dari berbagai SD, SMP, SMA dan SLB di Pantai Pancer Dorr, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu (25/6/2023). Foto: Istimewa
A A A
PACITAN - Tiga ribuan pelajar dari berbagai SD, SMP, SMA dan SLB di Pacitan ikut melukis bareng Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Pantai Pancer Dorr, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu (25/6/2023).

Ini untuk kedua kalinya SBY melukis bareng para pelajar. Dalam kegiatan yang berlangsung sejak pagi hingga menjelang makan siang itu, SBY menyelesaikan lukisannya tentang Pantai Pancer Dorr, salah satu pantai paling terkenal di Pacitan.

Selain para pelajar, kegiatan ini juga dihadiri Bupati Pacitan Indrata Nurbayuaji serta anggota DPR RI Dapil Jatim 7 (Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan dan Magetan) Edhie Baskoro Yudhoyono serta dosen ISI Surakarta DR. Cia Syam yang juga pelukis.



Sebelumnya, Presiden ke-6 RI itu menjadi perbincangan hangat di media sosial saat karya lukisannya tentang Pantai Pacitan diunggah oleh Jansen Sitindaon yang saat itu menjabat Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat tahun 2021.

Ada dua foto yang diunggah, pertama SBY dan lukisannya dan satu lagi foto lukisan pantai. Saat itu unggahan Jansen tersebut telah diretweet sebanyak 3.906 kali dan mendapatkan 1.748 komentar serta 19.000 likes.



Perbincangan mengenai SBY pun melebar hingga akhirnya nangkring di daftar trending topic Twitter Indonesia. Total ada 5.187 tweet mengenai SBY.

Lukisan Pantai karya SBY ini terlihat cukup nyata. Air laut berwarna biru dengan gradasi warna yang sangat halus. Yang mengagumkan bagi orang awam adalah buih-buih air laut yang terlihat sangat jelas hidup menerjang pasir pantai berwarna krem kecoklatan. Cakrawala berwarna biru tenggelam di ujung samudra. Meski terlihat sangat detail, menurut Jansen, lukisan SBY masih "trial". Gambar ini dilukis di atas kanvas dengan kuas jenis baru. "Winsor & Newton type Professional Galeria. Sehat selalu ayahanda," tulis Jansen.


Kini, Presiden ke-6 RI itu juga kembali menyelesaikan lukisannya tentang Pantai Pacitan, kali ini lukisan berjudul Pantai Pancer Dorr. Menariknya lukisan ini dirampungkan bersama 3.000-an pelajar dari berbagai SD, SMP, SMA dan SLB di Pacitan, Minggu (25/6/2023). Ini untuk kedua kalinya SBY melukis bareng para pelajar.

Diketahui, melukis adalah hobi baru SBY setelah sebelumnya dikenal memiliki hobi mencipta lagu. SBY cukup dikenal rajin menciptakan sebuah lagu. Bahkan, lagu ciptaannya acapkali dinyanyikan dalam berbagai kesempatan ketika dirinya menjabat presiden, mulai dari acara kenegaraan hingga acara santai.

Tak hanya itu, sejumlah lagu ciptaannya SBY itu pun dipopulerkan oleh artis-artis ternama. Adapun lagu-lagu ciptaan SBY yang populer di antaranya berjudul Malam Sunyi di Cipaganti, Ku Yakin Sampai di Sana, Kembali, Jiwaku Tenang di Malam Itu, dan Berkelana ke Ujung Dunia.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)