Saat Warga Menanti Gerhana Matahari Cincin di Bukit Candi Ijo

Kamis, 01 September 2016 - 18:03 WIB
Saat Warga Menanti Gerhana Matahari Cincin di Bukit Candi Ijo
Saat Warga Menanti Gerhana Matahari Cincin di Bukit Candi Ijo
A A A
SLEMAN - Fenomela alam gerhana matahari cincin bisa disaksikan di Yogyakarta, sore ini. Meski hanya berlangsung sekitar 10 menit, fenomena itu dinantikan masyarakat luas.

Seperti yang ada di kawasan objek wisata Candi Ijo, Prambanan, Sleman. Kawasan yang cukup eksotik nan semilir itu terkenal dengan keindahan matahari terbenam kala senja. Tak heran, sore ini banyak pengunjung ke Candi Ijo.

"Biasanya hanya sedikit kalau hari-hari biasa, hanya hari libur saja agak banyak. Sore ini sepertinya lumayan banyak," kata Eko, warga setempat yang mengais rezeki berjualan di sekitar Kompleks Candi Ijo, Kamis (1/9/2016).

Dia tidak mengetahui jika sore hari ini, dari jam 17.26 WIB hingga 17.36 WIB, akan ada gerhana matahari cincin. Tak heran, hari ini banyak pengunjung ke Candi Ijo untuk melihat fenomena alam tersebut.

Ardi, salah satu pengunjung ingin melihat fenomena alam tersebut di Candi Ijo. Mahasiswa asal Purwakarta, Jawa Barat itu sengaja datang bersama beberapa temannya untuk melihata fenomena alam gerhana matahari cincin.

"Saya sudah beberapa kali ke sini. Sekalian saja menanti gerhana matahari cincin," katanya.

Dia mengaku tidak membawa peralatan khusus seperti teleskop maupun teropong. Kacamata hitam yang biasa dipergunakan saat berkendara dipergunakan untuk melihat fenomena alam tersebut.

"Pakai kacamata saja, ini cuaca cukup bersahabat, tidak mendung, sepertinya bagus," tandasnya.

Pantauan di lokasi, banyak pengunjung berselfie di kawasan ini. Mereka menanti waktunya gerhana matahari cincin dengan tanpa peralatan memadai.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6065 seconds (0.1#10.140)