Cegah Tawuran, Puluhan Pelajar SMK di Subang Digembleng LDK

Sabtu, 27 Agustus 2016 - 16:41 WIB
Cegah Tawuran, Puluhan Pelajar SMK di Subang Digembleng LDK
Cegah Tawuran, Puluhan Pelajar SMK di Subang Digembleng LDK
A A A
SUBANG - Puluhan pelajar SMK Darul Falah Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Subang, digembleng Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) selama sepekan, untuk mencegah aksi tawuran antar pelajar yang belakangan marak terjadi.

"Beberapa waktu lalu misalnya, siswa SMA di daerah Cisalak hampir saja tawuran, tapi keburu dicegah. Ini memprihatinkan dan dikhawatirkan menjadi virus bagi pelajar-pelajar lainnya. Karena itu, para siswa harus digembleng mental dan perilaku, untuk meminimalisir potensi kenakalan," ujar M. Ridwan pengurus SMK Darul Falah, Sabtu (27/8/2016).

Selain digembleng materi-materi dasar kepemimpinan, puluhan siswa tersebut, juga dibekali wawasan kecakapan hidup (life skill) dan motivasi, melalui Achievment Motivation Training (AMT).

Motivasi ini diberikan mengingat usia pelajar merupakan masa-masa rentan dan kerap mengalami krisis jati diri (identitas).

"AMT ini penting, agar mereka lebih termotivasi dalam belajar untuk menambah ilmu. Dan, khusus bagi pelajar tingkat SMK/SMA, pelatihan AMT cukup efektif untuk menghindarkan para siswa dari aksi tawuran, karena mereka memahami bahaya perbuatan tersebut," timpal Ketua Diklat AMT/LDK Ahmad Yusuf.

Menurutnya, sejumlah materi diberikan kepada para siswa dalam kesempatan diklat tersebut, mulai dari kewirausahaam, kebahasaan, teknologi informasi, seni budaya dan kepribadian, serta leadership (kepemimpinan).

"Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan para siswa atau santri semakin berjiwa mandiri, istilahnya berdikari, serta terhindarkan dari berbagai perilaku dan sikap-sikap negatif, yang dapat merugikan masyarakat maupun diri mereka sendiri," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8195 seconds (0.1#10.140)