Tokoh Adat Dipalak, 15 Rumah di Jayapura Dibakar Massa

Rabu, 24 Agustus 2016 - 21:35 WIB
Tokoh Adat Dipalak, 15 Rumah di Jayapura Dibakar Massa
Tokoh Adat Dipalak, 15 Rumah di Jayapura Dibakar Massa
A A A
Sebanyak 15 rumah warga di Dusun Hansabe, Kampung Putali, Kabupaten Jayapura, Papua dibakar sekelompok massa yang menyerang daerah tersebut pada Rabu pagi (24/8/2016). Pembakaran tersebut merupakan aksi balas dendam karena tak terima tokoh kampung atau adat mereka dipalak dan dipukuli saat akan melintas di kampung tersebut.

Dalam penyerangan tersebut dua warga mengalami luka luka. Maria warga Kampung Putali yang rumahnya juga turur dibakar mengaku penyerangan itu terjadi sangat cepat sehingga dia bersama suaminya langsung melarikan diri ke arah hutan.

Sementara itu Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw saat mendatangi lokasi pembakaran rumah warga mengatakan, aksi penyerangan ini diduga dipicu kasus pemalakan dan penganiyaan yang dilakukan sejumlah pemuda Hansabe terhadap salah seorang tokoh Kampung Aimbe, Distrik Kemtuk ketika melintasi jalan di daerah itu pada Senin sore 22 Agustus.

Korban pemalakan dan penganiayaan itu pun kembali ke kampungnya dan menghimpun massa dia kemudian melakukan aksi balasan.

Ditambahkan Kapolda saat ini Polres Jayapura telah mengamankan sebanyak 10 orang yang diduga pelaku penganiayaan dan penyerangan, satu diantaranya diduga sebagai provokator dalam insiden tersebut.

Situasi di daerah itu saat ini sudah berlangsung kondusif pascapenyerangan. Sebanyak 20 personel Polres Jayapura juga telah diterjunkan ke Kampung Putali untuk mengantisipasi adanya aksi penyerangan balasan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1641 seconds (0.1#10.140)