alexa snippet

Jari 98 Apresiasi Kenaikan Tipe Polda Sumut dan Kalbar

Jari 98 Apresiasi Kenaikan Tipe Polda Sumut dan Kalbar
Status Polda Sulut naik menjadi tipe A dari sebelumnya tipe B. (Dok. Sindophoto)
A+ A-
JAKARTA - Langkah Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan menaikkan status Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan Kalimantan Barat (Kalbar) dari tipe B menjadi tipe A mendapatkan apresiasi. Pasalnya, hal itu guna peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

"Naiknya Polda Sulut yang diresmikan oleh Wakapolri Budi Gunawan diharapkan bisa meningkatkan pelayanan, kinerja Kepolisian yang lebih profesional sehingga terus dipercaya masyarakat," kata Sekjen Presidium Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (Jari 98), Arwandi dalam keterangan tertulis, Senin (22/8/2016).

Selain itu, kata Arwandi, kenaikan tipe Polda Sulut dengan latar belakang lokasi lingkungan daerah yang berbatasan langsung dengan negara asing agar lebih meningkatkan kerja sama kepolisian untuk menangkal kejahatan lintas teritorial yakni kejahatan human trafficking, penyelundupan narkoba, penyelundupan senjata api ilegal, dan lainnya..

"Peningkatan tersebut juga harus disertai kesiapan seluruh jajaran Polda Sulawesi Utara dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan kedepan yang semakin berat dan kompleks. Sehingga pelayanannya harus semakin baik, mudah dan cepat diakses masyarakat," terangnya.

Sementara itu, kata Arwandi, kenaikan Polda Kalbar yang diresmikan Kapolri Tito Karnavian di Pontianak Kalbar bisa mengantisipasi berbagai ancaman ke depan, mengingat kedua polda itu berada di garis depan Indonesia. Sehingga sangat wajar jika Polri benar-benar memperhatikan pelaksanaan program-program prioritas, yang menyangkut keamanan dalam negeri dari gangguan atau intervensi asing.

"Dengan naiknya tipe Polda Sulut dan Kalbar itu, situasi kamtibmas bisa semakin kondusif dan menunjang pembangunan," tuturnya.

Arwandi melanjutkan, bahaya terorisme dan narkoba masih menjadi sorotan publik. Maka itu, kedua Polda itu diharapkan bisa mengantisipasi masuknya barang-barang haram ke Indonesia dan mewaspadai senjata ilegal yang bakal digunakan teroris untuk menyerang keamanan dalam negeri.

"Wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar di Indonesia sangat rentan untuk dijadikan aktivitas segala tindak kejahatan. Maka ini menjadi urgen untuk menaikkan tipe dua Polda tersebut," tandasnya.



(mhd)
loading gif
Top