Takut Dikutuk, Gubernur Koster Tetap Larang Pendakian Gunung di Bali

Senin, 19 Juni 2023 - 21:08 WIB
loading...
Takut Dikutuk, Gubernur Koster Tetap Larang Pendakian Gunung di Bali
Gubernur Bali, I Wayang Koster menegaskan tetap melarang pendakian gunung di Bali. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
DENPASAR - Gubernur Bali I Wayan Koster tetap melarang wisatawan melakukan pendakian gunung di seluruh Bali meski diprotes banyak kalangan. Dia mengaku takut mendapat kutukan orang-orang suci di Bali.

"Kalau kita tidak bisa merawat, mengabaikan dan meninggalkan ini, tunggu kutukannya Beliau dan saya tidak mau dikutuk oleh Beliau," kata Koster di DPRD Bali, Senin (19/6/2023).

Menurutnya, pulau Bali diwariskan oleh guru-guru suci dan para leluhur sehingga harus dirawat. Dia tidak mau dikutuk jika mengabaikan menjaga alam Bali.

"Karena itu saya berjalan tegak lurus. Orang yang dipikirkan hanya hari ini dan besok, tapi tidak tahu itu berakibat besar terhadap Bali. Begitu loh," imbuhnya.



Koster mengaku, mengenai keberadaan telah melakukan kajian yang komprehensif sebelum menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2023. Aturan itu berisi tentang apa saja yang boleh dilakukan dan larangan kepada wisatawan mancanegara selama berlibur di Bali.

Sebelum terpilih menjadi gubernur, Koster sudah berinisiatif menegakkan aturan itu. Jadi aturan itu bukan tiba-tiba dibuat dalam satu minggu atau dalam hitungan bulan.



Dia mengaku sudah mempelajari Nangun Sat Kerthi Loka Bali serta filosofi kehidupan alam manusia dan kebudayan Bali. "Hanya saja momentumnya baru datang, makanya saya berlakukan," imbuh Ketua DPD PDIP Bali ini.

Koster juga mengaku sudah belajar kepada orang-orang suci, para leluhur dan para tetua di Bali tentang bagaimana cara menjaga alam Bali. Merekalah yang pertama kali menata alam Bali hingga seperti ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2112 seconds (0.1#10.140)