Tanggul Lapindo Jebol, Jalur Sidoarjo-Surabaya Sempat Terendam

Kamis, 30 Juni 2016 - 22:17 WIB
Tanggul Lapindo Jebol, Jalur Sidoarjo-Surabaya Sempat Terendam
Tanggul Lapindo Jebol, Jalur Sidoarjo-Surabaya Sempat Terendam
A A A
SIDOARJO - Hujan deras yang mengguyur Sidoarjo dan sekitarnya membuat Jalan Raya Porong terendam air. Bukan hanya itu, tanggul lumpur di titik 67, Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin juga jebol.

Genangan air di Jalan Raya Porong setinggi 50 centimeter membuat Jalur Surabaya-Malang itu macet. Hanya kendaraan minibus dan truk yang bisa lewat di jalan yang berada di sisi barat tanggul lumpur tersebut.
Tanggul Lapindo Jebol, Jalur Sidoarjo-Surabaya Sempat Terendam

Sejumlah kendaraan jenis sedan dan sepeda motor terlihat mogok karena mesinnya kemasukan air. Kemacetan tak terhindarkan lagi, kendaraan dialihkan melewati Jalan Arteri Porong.

Sedangkan tanggul lumpur yang jebol mengakibatkan lumpur meluber ke luar tanggul lumpur. Beruntung, sisi luar tanggul jauh dari pemukiman penduduk sehingga tidak sampai merendam pemukiman warga.

Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS), Hengky Listria Adi mengatakan tanggul lumpur dititik 67 jebol, Kamis dinihari (30/6/2016). Petugas tanggul segera mendatangkan sirtu untuk menutup tanggul yang jebol.

Upaya perbaikan tanggul akhirnya selesai sekitar pukul 10.30 WIB, dan lumpur bisa dilokalisir di kolam penampungan lumpur.

"Untuk mengantisipasi kemungkinan tanggul jebol lagi, kami masih menyiagakan alat berat," tandas Hengky.

Selain memperbaiki tanggul yang jebol, BPLS juga memompa air yang menggenangi Jalan Raya Porong. Pompa air juga disiagakan mengantisipasi sewaktu-waktu hujan turun lagi dan Jalan Raya Porong jangan sampai tergenang air.

Jalan Raya Porong merupakan salah satu akses jalur mudik ke arah Malang dan sekitarnya. Jika jalan tersebut tergenang air, akan menimbulkan kemacetan dua arah, meskipun sudah ada Jalan Arteri Porong.

Sementara itu jalur rel kereta api yang bersebelahan dengan Jalan Raya Porong masih aman dan tidak ikut tergenang. Namun begitu, sejumlah petugas tampak mengecek kondisi rel.

"Rel masih kondisi aman. Masih bisa dilewati kereta," kata Humas PT KAI Daop 8, Surabaya, Suprapto.
Tanggul Lapindo Jebol, Jalur Sidoarjo-Surabaya Sempat Terendam

Jalur KA kawasan Porong mendapat perhatian khusus, karena dalam beberapa hari ini wilayah Sidoarjo dan sekitarnya diguyur hujan.

Rel KA mulai Ketapang sampai Siring yang hanya yang berdekatan dengan Stasiun KA Porong, sering terendam air.

Bahkan, beberapa kali rel KA Ketapang-Siring tergenang air yang menyebabkan perjalanan KA terhambat.

"Rel KA Ketapang-Siring sudah beberapa kali kita tinggikan, namun jika hujan deras kadang masih terendam air," tegas Suprapto.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3928 seconds (0.1#10.140)