PBNU Sosialisasikan GKMNU, Gus Yahya: Gerakan Pengabdian NU pada Umat

Kamis, 08 Juni 2023 - 07:08 WIB
loading...
PBNU Sosialisasikan GKMNU, Gus Yahya: Gerakan Pengabdian NU pada Umat
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dalam sosialisasi Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU) untuk wilayah Provinsi Jawa Timur di Surabaya pada Rabu (7/6/2023). Foto/Dok PBNU
A A A
JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU ) menggelar sosialisasi Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU) untuk wilayah Provinsi Jawa Timur di Surabaya pada Rabu (7/6/2023). Kegiatan tersebut meliputi sosialisasi gambaran kerja GKMNU, satuan tugas nasional GKMNU, pengorganisasian GKMNU, dan rencana kerja GKMNU.

Selain agenda sosialisasi tersebut, terdapat pula arahan pembentukan satuan tugas wilayah dan cabang NU. Kegiatan ini menghadirkan lebih dari 100 peserta yang terdiri pimpinan Pengurus Wilayah, Pengurus Cabang dan Badan Otonom Ansor, yakni Muslimat, Fatayat, IPNU dan IPPNU se-wilayah Jawa Timur, serta pimpinan Lembaga Kesejahteraan Keluarga (LKK) PWNU Jawa Timur.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) menjelaskan program ini memiliki skala kerja yang besar. Dia menuturkan, gerakan ini akan dikerjakan dengan berbagai setakeholder baik dari instansi pemerintahan (public sector) seperti kementerian dan lembaga, maupun dengan institusi swasta (private sector).



“Seperti Program Ketahanan Keluarga kerja sama Kemenag saat ini, hanyalah sebagian dari kerja besar GKMNU. Nanti akan ada program lainnya yang dikerjasamakan dengan kementerian dan lembaga pemerintah dan juga dengan pihak swasta,” ujar Gus Yahya dalam sambutannya.

Dia mengatakan, program yang dikelola oleh GKMNU memiliki sejumlah dimensi seperti pendidikan, kesehatan, wirausaha, dan seterusnya. Sehingga patner program dari GKMNU akan sangat beragam mulai dari Kemenag, Kementerian UMKM, Kemenkes, dan kementerian lain yang relevan terhadap GKMNU.

Tujuan dari program tersebut adalah untuk menghadirkan manfaat keberadaan NU di kalangan warga NU. “Semua (program) itu, kita salurkan dalam koridor GKMNU, untuk menciptakan dampak nyata dalam hidup nyata masyarakat Nahdliyyin,” ujar Gus Yahya.

Namun demikian, kata Gus Yahya, keseluruhan program ini memiliki prasyarat yakni terbentuknya struktur kerja yang masif dari pengurus NU di level pusat hingga struktur NU di level paling bawah yakni Majelis Wakil Cabang (MWC). Sebab hanya dengan itulah program yang demikian banyak dengan skala nasional dapat berjalan sehingga dirasakan kemanfaatannya dalam masyarakat NU.

Sementara GKMNU ini hanya salah satu kegiatan dari satu paket agenda PBNU dengan tujuan dan sasaran spesifik lain. Di samping GKMNU ini ada agenda verifikasi dan validasi pengurus di MWCNU dan ranting, ada juga program kaderisasi PBNU.

Ini semua akan bersentuhan dengan kepengurusan NU di level ranting. Sehingga, GKMNU akan membentuk struktur mulai dari level pusat, wilayah, cabang dan MWC. Struktur ini akan dibentuk, lanjut Gus Yahya, untuk memastikan kerja program berjalan dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7575 seconds (0.1#10.140)