alexa snippet

Angin Kencang Sapu Lereng Lawu, Rumah Warga Hancur

Angin Kencang Sapu Lereng Lawu, Rumah Warga Hancur
Ilustrasi hujan disertai angin kencang (foto:Istimewa)
A+ A-
KARANGANYAR - Hujan deras dan angin kencang terjadi di wilayah lereng Lawu, Kecamatan Karangpandan. Akibatnya, sejumlah rumah mengalami kerusakan dan puluhan pohon di dua kecamatan tumbang.

Camat Karangpandan Aji Pratama Heru mengatakan, bencana tersebut bermula saat hujan deras mulai mengguyur menjelang petang. Lama-kelamaan, hujan tersebut disertai angin yang kemudian terus membesar hingga menyapu wilayah Karangpandan.

Akibatnya, salah satu rumah milik warga Desa Salam mengalami kerusakan serius. Sedangkan sejumlah rumah lainnya mengalami kerusakan ringan. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Kejadiannya itu sangat cepat. Semula hujan sangat deras, kemudian diikuti dengan angin yang merusak rumah dan menumbangkan pepohonan,” ucapnya, kepada wartawan, Rabu (15/6/2016).

Sampai berita ini ditulis, puluhan orang yang tergabung dalam Relawan Karangpandan masih melakukan pembersihan di lokasi yang terdampak angin kencang. Relawan juga terjun untuk membantu warga yang rumahnya mengalami kerusakan parah.

Sedangkan pemilik rumah, saat ini sudah dievakuasi ke tempat saudaranya untuk sementara waktu. “Pemilik rumah namanya Kusrin, kondisinya saat ini selamat,” ucap pria yang juga Pembina Relawan Karangpandan tersebut.

Ditambahkannya, sejumlah rumah di wilayah Ngargoyoso juga tidak luput dari sapuan angin kencang. Dampak terburuk dari angin tersebut berada di Desa Girimulyo, di mana rumah yang mengalami kerusakan parah cukup banyak.

Saat ini, perangkat desa masih keliling untuk melakukan pemeriksaan serta pendataan yang mendetail. Sehingga, nantinya diketahui berapa jumlah kerusakan yang ditimbulkan oleh kejadian tersebut.



(san)
loading gif
Top