Antisipasi Long Weekend, Polres Cimahi Perkuat Personel di Kawasan Lembang

Rabu, 31 Mei 2023 - 21:28 WIB
loading...
Antisipasi Long Weekend, Polres Cimahi Perkuat Personel di Kawasan Lembang
Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono. Foto/Dok.MPI
A A A
BANDUNG BARAT - Aparat kepolisian mewaspadai meningkatnya volume kendaraan ke kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada momen libur panjang akhir pekan ini.

Pasalnya bertepatan dengan libur Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023) pemerintah juga menetapkan cuti bersama sehingga libur akhir pekan ini total ada empat hari.

Sehingga diprediksi wisatawan bakal memanfaatkan momen libur panjang ini untuk menghabiskan liburan dengan berwisata ke sejumlah objek wisata yang ada di Lembang.

"Long weekend kali ini kami memprediksi tempat wisata di Cimahi dan KBB khususnya Lembang diprediksi akan dipadati wisatawan, sehingga itu dapat berimbas kepada peningkatan volume kendaraan," kata Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono saat ditemui, Rabu (31/5/2023).

Baca juga: Iring-iringan Kendaraan Dinas Wakil Bupati Pangandaran Tabrakan Beruntun di Ciamis

Pihaknya akan mempertebal personel yang menjaga lalu lintas di kawasan Lembang, untuk mengawal jalannya momen libur panjang ini. Serta memploting personel di spot yang memang jadi titik kemacetan dan rawan kecelakaan.

Sedangkan untuk mengatur laju kendaraan wisatawan di jalur arteri yang akan mengarah ke Lembang, pihaknya menyiapkan sejumlah skema pengaturan lalu lintas. Jika di jalur arteri terjadi kepadatan maka akan dilakukan cara bertindak (cb) seperti oneway sepenggal maupun buka tutup.

"Cara bertindak one way akan dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan sehingga tidak terjadi kemacetan total di kawasan Lembang," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga turut mengawasi arus masuk dan keluar kendaraan wisatawan di jalur alternatif. Sebab selama ini masih banyak kendaraan berukuran besar seperti bus pariwisata yang menggunakan jalur alternatif padahal sudah ada larangan.

"Untuk kendaraan besar seperti bus dan truk dilarang memasuki jalur alternatif yang sempit karena rawan kecelakaan dan menambah kemacetan, seperti ke Jalan Kolonel Masturi," pungkasnya. adi haryanto
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1845 seconds (0.1#10.140)