Sejarah Kejayaan Mataram Islam, Kesultanan yang Pernah Menyerang VOC di Batavia

Selasa, 30 Mei 2023 - 19:01 WIB
loading...
Sejarah Kejayaan Mataram Islam, Kesultanan yang Pernah Menyerang VOC di Batavia
Mataram Islam merupakan sebuah kerajaan yang pernah berkuasa sepanjang abad ke 16 sampai abad ke 18 M. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Mataram Islam merupakan sebuah kerajaan yang pernah berkuasa sepanjang abad ke 16 sampai abad ke 18 M. Ki Ageng Pamanahan adalah sosok pemimpin pertama dan orang yang mendirikan kesultanan di tanah Jawa ini.

Dilansir dari jurnal bertajuk "Sejarah Perkembangan Mataram Islam Keraton Plered", berkat keberhasilan Ki Ageng Pemanahan dalam membunuh Arya Penangsang dalam perang perebutan tahta atas Demak, membuat dirinya mendapat hadiah tanah di Mataram dari Sultan Pajang.

Tanah tersebutlah yang dijadikan Ki Ageng Pemanahan dan para pengikutnya membuka hutan untuk dijadikan tempat pemukiman dan menjadikan sebuah dinasti sendiri yang disebut Mataram Islam.



Kerajaan Mataram Islam pada masa keemasannya pernah menyatukan tanah Jawa dan sekitarnya, termasuk Madura. Kesultanan ini juga pernah dua kali menyerang VOC di Batavia untuk mencegah semakin berkuasanya perdagangan itu.

Kejayaan Mataram Islam

Masa keemasan Kesultanan Mataram terjadi pada era kepemimpinan Sultan Agung Hanyokrokusumo (1593 - 1645). Raja yang punya nama asli Raden Mas Jatmika ini naik tahta ketika masih berusia 20 tahun.

Mengutip dari laman Kebudayaan Jogja, Sultan Agung dikenal sebagai salah satu raja yang berhasil membawa kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kejayaan pada 1627, tepatnya setelah empat belas tahun Sultan Agung memimpin kerajaan Mataram Islam.

Pada masa pemerintahan Sultan Agung, daerah pesisir seperi Surabaya dan Madura berhasil ditaklukan. Sepanjang tahun 1913 sampai 1645, kesultanan ini aktif memperluas wilayah kekuasaannya hingga mencakup hampir seluruh Pulau Jawa.

Selain melakukan perluasan wilayah, Sultan Agung juga punya peran besar terhadap kemajuan bidang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya,yang menjadikan peradaban kerajaan Mataram semakin maju.



Pada era kekuasaan Sultan Agung ini juga untuk pertama kalinya ada kerajaan yang berani untuk menyerang VOC secara langsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5158 seconds (0.1#10.140)