Benda Kuno Diduga Peninggalan Majapahit Hebohkan Warga Jombang

Kamis, 19 Mei 2016 - 22:22 WIB
Benda Kuno Diduga Peninggalan Majapahit Hebohkan Warga Jombang
Benda Kuno Diduga Peninggalan Majapahit Hebohkan Warga Jombang
A A A
JOMBANG - Warga Jombang, Jawa Timur, heboh setelah penemuan benda-benda kuno yang diperkirakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Benda-benda kuno itu berupa patung, gerabah kuno, batu bata kuno, dan uang koin kuno.

Penemuan berbagai benda yang diduga bekas bangunan kuno atau semacam candi di area Petilasan Damarwulan di Desa Sudimoro, Kecamatan Megaluh ini menarik perhatian warga di Kabupaten Jombang sejak sepekan terakhir.

Di antara gundukan tanah bekas galian alat berat ini, warga menemukan batu bata kuno yang berukuran besar dan diperkirakan bekas bangunan pada zaman Kerajaan Majapahit.

Tak hanya batu bata, warga juga menemukan banyak pecahan gerabah kuno, uang logam, dan patung tua.

Ditemui MNC Media, Kamis (19/5/2016), Paijan, warga, Petilasan Damarwulan merupakan sebuah tempat yang selama ini mereka jaga kelestariannya karena diyakini pernah menjadi tempat tinggal Damarwulan.

Berbagai benda kuno yang diduga merupakan benda cagar budaya ini mereka temukan secara tidak sengaja setelah area Petilasan Damarwulan mendadak digali dengan alat berat oleh Pemerintah Desa Sudimoro dua pekan lalu.

Ironisnya, meski kemudian muncul dan ditemukan berbagai benda kuno, penggalian untuk menyulap area petilasan menjadi kolam pancing tersebut ternyata tidak dihentikan.

Akibatnya, kondisi berbagai benda kuno ini pun akhirnya hancur dan warga hanya menemukan serpihan-serpihannya.

Sebelum upaya menyulap area Petilasan Damarwulan menjadi kolam pancing dilanjutkan, warga berharap Pemkab Jombang segera turun dan menyelidiki apa yang terpendam di dalam area petilasan ini.

Sebab, jika dibiarkan mereka khawatir benda cagar budaya yang diyakini masih banyak dan terpendam akan semakin rusak.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4861 seconds (0.1#10.140)