Doa Bangun Tidur yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Minggu, 21 Mei 2023 - 09:42 WIB
loading...
Doa Bangun Tidur yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW
Doa bangun tidur yang diajarkan Nabi Muhammad ini berdasar hadis yang diriwayatkan Imam al-Bukhari. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Doa ketika bangun tidur yang diajarkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan Imam Al-Bukhari . Ini merupakan adab sekaligus sebagai tanda syukur kepada Allah SWT karena masih diberikan umur panjang untuk memperbanyak ibadah dan berbuat baik. Berikut doa tersebut:

الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذي أحْيانا بَعْدَما أماتَنا وإلَيْهِ النشُورُ


Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur(u)

Artinya: "Segala puji Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami kembali."



Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada kita untuk senantiasa membaca doa ini agar dosa-dosa yang kita lakukan selama sehari semalam bisa diampuni Allah SWT:

من تعار من الليل -أي قام- فقال حين يستيقظ فقال: ‌لا ‌إله ‌إلا ‌الله ‌وحده ‌لا ‌شريك ‌له، ‌له ‌الملك ‌وله ‌الحمد ‌وهو ‌على ‌كل ‌شيء قدير. ثم قال: اللهم اغفر لي أو دعا استجيب له.


Artinya: “Barangsiapa yang bangun dari tidur kemudian membaca doa ‘Lā ilaha illallah wahdahu lā syarīka lahu, wa lahulhamdu wa huwa `ala kulli syain qadīr’ kemudiam membaca Allahummaghfirlī, atau dia berdoa maka akan dikabulkan.” (HR Imam Muslim).



Sejatinya, banyak sekali hadis Rasulullah SAW yang menjelaskan faedah tentang doa yang hendaknya dibaca ketika bangun dari tidur yaitu:

لا ‌إله ‌إلا ‌الله ‌وحده ‌لا ‌شريك ‌له، ‌له ‌الملك ‌وله ‌الحمد ‌وهو ‌على ‌كل ‌شيء قديرسبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله. اللهم اغفر لي.


Lā ilaha illallah wahdahu lā syarīka lahu, wa lahulhamdu wa huwa `ala kulli syain qadīr subhanallah walhamdulillah wa lā ilaha illallah wa Allahu akbar wa lā haula wa lā quwata illā billah. Allahummaghfirlī.

Artinya: “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya lah segala kerajaan dan pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maha Suci Allah, segala puji bagi-Nya. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah. Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan upaya, kecuali dengan pertolongan Allah. Ya Allah ampunilah aku.”

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)