alexametrics

Temui Napi Lapas Banceuy, Menkumham Luapkan Kekesalan Atas Kerusuhan

loading...
Temui Napi Lapas Banceuy, Menkumham Luapkan Kekesalan Atas Kerusuhan
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly. (SINDOphoto)
A+ A-
BANDUNG - Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna Laoly menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Banceuy, Bandung. Dia dan rombongan tiba di lapas sekitar pukul 11.00 WIB.

Seperti diketahui, pagi tadi terjadi kerusuhan dan pembakaran di Lapas Banceuy. Pemicu kerusuhan tersebut karena seorang napi tewas gantung diri saat dipindahkan ke ruang isolasi.

Yasonna di dampingi Kalapas Banceuy Agus Riyanto dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Jodie Rooseto, langsung menuju barak tahanan untuk berdialog dengan penghuni lapas.



Dalam dialog itu, Yasona mengungkapkan kekesalannya atas perbuatan para napi. Menurutnya, tindakan napi membuat citra lapas yang seharusnya menjadi tempat produktif tercoreng.

"Kita enggak mau lapas sebagai tempat narkoba. Kita mau lapas ini sebagai tempat produktif. Baru kemarin, kita membuat pameran hasil lapas," ujar Yasonna di hadapan seluruh warga binaan Lapas Banceuy, Sabtu (23/4/2016).

"Saya mau tunjukkan ini adalah manusia manusia yang produktif, tapi tadi pagi saya diberi tahu kok bisa rusuh di sini. Apa penyebabnya? Saya mau dengar," tegas Yasona.

Salah satu warga binaan langsung menanggapi pertanyaan Menteri Yasonna. Warga binaan bernama Richard tersebut mengatakan, napi kecewa dengan kebijakan lapas yang mereka anggap kurang adil.

"Di sini semua banyak kekecewaan yang menumpuk, salah satunya PP 99 dan PP 28. Jadi, hak-hak remisi yang seharusnya keluar, namun tidak," ungkapnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak