Kembangkan Sektor Pertanian Demi Swasembada Pangan di Daerah Lamandau

Minggu, 14 Mei 2023 - 09:17 WIB
loading...
Kembangkan Sektor Pertanian Demi Swasembada Pangan di Daerah Lamandau
Kembangkan sektor pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau Kalteng terus mencoba terobosan terbaru. iNews TV/Sigit
A A A
LAMANDAU - Kembangkan sektor pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau Kalteng terus mencoba terobosan terbaru.

Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengungkapkan, hal itu dilakukan demi terwujudnya swasembada pangan dan memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba.

Menurut bupati, pihaknya selaku pemerintah daerah terus mendukung masyarakat dalam mengembangkan pertanian di daerah, baik melalui penyaluran bantuan maupun pendampingan kepada para petani.

“Hal ini perlu dilakukan dalam upaya untuk mendukung ketahanan pangan di daerah, khususnya menjamin ketersediaan pangan di Kabupaten Lamandau,” kata Bupati Hendra di Nanga Bulik.

Ia menjelaskan, keberadaan petani harus terus didukung, terlebih saat ini profesi sebagai petani, khususnya petani padi masih kurang diminati dan lahan persawahan yang sangat terbatas.

Ia mengatakan, untuk memaksimalkan hal tersebut, Pemkab Lamandau telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Diantaranya dunia usaha bidang perkebunan agar bersinergi dalam menyalurkan program bantuan, khususnya di bidang pertanian.

“Misalnya melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), dimana perusahaan membantu dan mendukung pemberdayaan masyarakat pada penangkaran bibit padi atau bibit tanaman pertanian lainnya.”

Ia berharap, dengan adanya persawahan di Kabupaten Lamandau, selain dapat mendukung ketersediaan pangan, hal ini sekaligus membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan, terutama bagi warga di sekitar desa setempat.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)