Devin Haney Benci Lomachenko: Aku Hajar Dia, Aku Pensiunkan Dia!

Jum'at, 12 Mei 2023 - 09:27 WIB
loading...
Devin Haney Benci Lomachenko: Aku Hajar Dia, Aku Pensiunkan Dia!
Devin Haney Benci Lomachenko: Aku Hajar Dia, Aku Pensiunkan Dia!/Sporting News
A A A
Devin Haney menebar kebencian kepada Vasiliy Lomachenko dengan bersumpah menghajar dan membuatnya pensiun dalam pertarungan 20 Mei 2023 mendatang. Juara kelas ringan tak terbantahkan asal Amerika Serikat itu berjanji akan membuat karier juara tiga divisi tersebut tamat.

Devin Haney masih dapat mengingat hari ketika dia menerima kabar bahwa dia dinobatkan sebagai juara kelas ringan WBC secara default. Itu sama sekali bukan rencana yang ada dalam pikirannya, bahkan pada usia 20 tahun ketika sebagian besar petinju di posisinya akan dengan senang hati menerima jalan termudah untuk meraih gelar utama pertama mereka.



Tujuannya pada saat itu adalah untuk menantang pemegang gelar kelas ringan bersatu, Vasiliy Lomachenko. Kini perannya berbalik, di mana Haney kini akan mempertahankan gelar yang tak terbantahkan melawan mantan pemegang gelar tiga divisi tersebut. Menyetujui pertarungan ini tidak pernah menjadi perhatian Haney. Begitu pula dengan cara yang ia rencanakan untuk membuatnya membayar atas laga yang memakan waktu selama ini.

"Dia membuat saya menunggu empat tahun untuk melawannya, sejak saya berusia 20 tahun," kata Haney dalam bagian pertama dari acara Blood, Sweat & Tears di ESPN: Haney vs Lomachenko yang ditayangkan pada hari Minggu. "Saya tidak menyukai Loma. Saya sangat ingin mengalahkannya. Saya ingin mengirimnya ke masa pensiun."

Devin Haney (29-0, 15KO) akan mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan miliknya melawan petinju Ukraina, Lomachenko (17-2, 11KO) pada tanggal 20 Mei di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Nevada. Seperti yang dikatakan oleh Haney, laga ini pertama kali diincar oleh petinju tak terkalahkan asal Amerika Serikat ini pada tahun 2019.

Lomachenko merebut gelar WBC yang masih lowong dan mempertahankan sabuk kelas ringan WBA dan WBO dalam kemenangan angka mutlak selama dua belas ronde atas petinju Inggris, Luke Campbell, dalam pertarungan peraih medali emas Olimpiade bulan Agustus 2019. Haney merebut gelar kelas ringan WBC interim hanya dua minggu kemudian dalam sebuah kemenangan pada ronde keempat atas Zaur Abdullaev, yang tak terkalahkan saat mereka bertarung pada bulan September 2019 di New York.

Lomachenko kemudian dinobatkan sebagai penantang gelar WBC 'Franchise' atas permintaan promotor Top Rank pada bulan Oktober 2019 selama konvensi tahunan WBC. Haney ditingkatkan menjadi pemegang gelar penuh, setelah mempertahankan sabuknya sebanyak enam kali, termasuk kemenangannya dalam dua belas ronde atas pemegang gelar WBA, IBF, dan WBO yang saat itu tak terkalahkan, George Kambosos Jr. untuk menyatukan divisi ringan pada 5 Juni lalu di Melbourne, Australia.



Ironisnya, Haney mendapatkan laga melawan Kambosos untuk menggantikan Lomachenko, yang tidak dapat hadir karena kewajibannya sebagai tentara Ukraina untuk mempertahankan diri dari invasi Rusia yang sedang berlangsung. Haney mengubah kesempatan tersebut menjadi sebuah kontrak tiga pertandingan yang menguntungkan - dua kali perjalanan ke Australia dan kini pertarungan yang sudah lama diidam-idamkannya dengan petinju kidal Ukraina yang sudah ada dalam radarnya sejak pertama kali ia memasuki bursa perebutan gelar saat masih berusia 20 tahun.

Haney dipandang oleh bursa taruhan bet365 sebagai unggulan -275 untuk menang atas Lomachenko, yang sebelas tahun lebih tua darinya dan yang akan bertanding sebagai penantang dan petarung yang lebih kecil. Ini adalah wilayah yang asing bagi peraih medali emas Olimpiade dua kali dan mantan pemegang gelar tiga divisi ini, yang biasanya mendapatkan posisi yang kuat di hampir setiap perebutan gelar sejak kemenangannya di kelas bulu WBO pada bulan Juni 2014 atas Gary Russell Jr.

"Loma tidak pernah menjadi underdog," kata Haney. "Kali ini, ia melawan sang juara. Pria yang lebih besar, pria yang lebih kuat, pria yang lebih cepat, pria yang lebih muda. Semua rintangan ada di hadapannya.''
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)