alexametrics

Napak Tilas Perjuangan Sunan Giri Menyebarkan Islam

loading...
Napak Tilas Perjuangan Sunan Giri Menyebarkan Islam
Ilustrasi penyebar agama Islam (foto:Istimewa)
A+ A-
GRESIK - Perjuangan Sunan Giri menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa menjadi ispirasi pagelaran napak tilas dan kirab budaya Gresik.

Selain melestarikan dan meneladani perjuangan tokoh penyebar agama Islam, napak tilas Sunan Giri juga untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkab Gresik ke-530.

Napak tilas budaya Islam diawali dengan perjalanan Sunan Giri dan Sunan Dalem menyapa warga dengan mengendarai kereta kencana menuju alun-alun yang menjadi pusat Pemerintahan Gresik.



Sejumlah punggawa, prajurit, dan para santri tampak berjalan beriringan mengawal Sunan Giri untuk bersilaturahim menjalankan roda pemerintahan untuk mensejahterakan rakyatnya.

Napak tilas budaya Islam juga menampilkan replika perahu Nyai Ageng Pinatih dan beragam atraksi kesenian rakyat. Diantaranya tari zaman, gulat okol, atraksi barongsai, hingga tari modern persembahan para seniman Kota Santri Gresik.

Sunan Giri yang diperankan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Sunan Dalem yang diperankan Wakil Bupati Gresik Muhammad Qosim disambut suka cita ribuan warga yang memadati sepanjang ruas jalan.

Gelar napak tilas diawali perjalanan Sunan Giri mengajarkan Islam kepada para santrinya di masjid Sunan Giri di perbukitan Gunung Kapur, Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, festival budaya ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Gresik untuk nenanamkan nilai-nilai sejarah dan meneladani tokoh pejuang Islam.

Sebagai wujud apresiasi kepada para tokoh pejuang Islam, Pemkab Gresik membangun gedung Isilamic Centre yang pembangunannya dimulai pada pertengahan tahun 2016.

Napak tilas dan festival budaya Gresik kini menjadi agenda rutin tahunan untuk memperingati HUT Pemkab Gresik dan juga melestarikan nilai-nilai sejarah Islam kepada generasi muda.
(san)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak