Kanada Usir Seorang Diplomat China, Hubungan Kian Tegang

Selasa, 09 Mei 2023 - 05:30 WIB
loading...
Kanada Usir Seorang Diplomat China, Hubungan Kian Tegang
Ilustrasi
A A A
OTTAWA - Kanada mengusir diplomat China yang berbasis di Toronto, Zhao Wei, Senin (8/5/2023). Langkah ini diambil setelah laporan intelijen menuduhnya mencoba menargetkan seorang anggota parlemen Kanada yang mengkritik perlakuan Beijing terhadap minoritas Muslim Uighur.

"Kanada telah memutuskan untuk mendeklarasikan persona non grata Tuan Zhao Wei," kata Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters. "Keputusan telah diambil setelah mempertimbangkan dengan cermat semua faktor yang berperan," lanjutnya.



Pengusiran itu meningkatkan hubungan China-Kanada yang sudah tegang dan kemungkinan akan mendorong China, mitra dagang terbesar kedua Kanada, untuk merespons. Kedutaan China di Ottawa tidak segera memberikan komentar.

Agen mata-mata Canadian Security Intelligence Service (CSIS) menulis laporan pada tahun 2021 tentang pengaruh Tiongkok di Kanada, yang mencakup informasi tentang potensi ancaman terhadap Anggota Parlemen Konservatif Michael Chong dan keluarganya.

China menyatakan tidak pernah mencampuri urusan dalam negeri Kanada dan tidak tertarik melakukannya. Konsulat Jenderal China di Toronto mengatakan laporan tentang Chong "tidak memiliki dasar faktual dan murni tidak berdasar."

Rincian laporan CSIS terungkap pada 1 Mei, ketika surat kabar Globe and Mail Kanada melaporkan China mencari informasi tentang anggota parlemen Konservatif Michael Chong dan keluarganya di China dalam upaya yang mungkin untuk "membuat contoh" tentang dia dan mencegah orang lain mengambil anti - Posisi pemerintah Cina.



"Kami tidak akan mentolerir segala bentuk campur tangan asing," kata Joly.

The Globe, mengutip sumber keamanan nasional yang tidak disebutkan namanya, mengatakan Zhao terlibat dalam pengumpulan informasi tentang Chong, yang pada tahun 2021 mensponsori mosi sukses yang menyatakan perlakuan China terhadap genosida minoritas Muslim Uighur.

Chong mengatakan dia "sangat kecewa" mengetahui tentang potensi ancaman terhadap keluarganya di Hong Kong dari sebuah surat kabar, dan mengkritik pemerintah Perdana Menteri Justin Trudeau karena tidak bertindak. Dia berulang kali menyerukan pengusiran Zhao sejak laporan Globe.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)