Banjir Terjang Aceh Barat, Ratusan Rumah di 8 Kecamatan Terendam

Senin, 08 Mei 2023 - 15:54 WIB
loading...
Banjir Terjang Aceh Barat, Ratusan Rumah di 8 Kecamatan Terendam
Tiga gadis di Aceh Barat ini terpaksa menerobos banjir dan meninggalkan rumahnya yang terendam banjir karena air terus meningkat. Foto: iNewsTV/Afsah
A A A
ACEH BARAT - Hujan deras yang mengguyur wilayah Aceh Barat dalam dua hari terakhir mengakibatkan ratusan rumah di 8 kecamatan terendam banjir . Ketinggian air bervariasi mulai dari 80 Cm hingga 1 meter lebih.

Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam fasilitas umum, seperti masjid dan jalan penghubung antardesa. Akibatnya sebagian warga terpaksa menerobos dan mengungsi ketempat yang lebih tinggi.



Banjir dengan ketinggian air 80 Cm hingga satu meter lebih itu dipicu akibat meluapnya Sungai Woyla dan Sungai Meureubo.

Seperti di Desa Napai, Kecamatan Woyla Barat, warga nekat menerobos banjir untuk mengungsi ketempat yang lebih tinggi.



Warga terpaksa mengungsi karena ketinggian air terus meningkat, meski demikian, sebagian warga memilih masih bertahan di rumah masing-masing.

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Barat ini yang tersebar di 8 kecamatan, yakni Kecamatan Johan Pahlawan, Pante Cermin, Sungai Mas, Meureubo, Kaway 16, Woyla Induk, Woyla Barat dan Arongan Lambalek.



Nyak Umar, warga Desa Napai mengaku, selain merendam jalan dan rumah warga banjir juga merendam fasilitas publik seperti masjid dan sekolah.

“Kami berharap adanya bantuan masa panik seperti logistik serta obat-obatan,” ujarnya.

Rescue BPBD Aceh Barat pun telah terjun ke lokasi banjir untuk mengevakuasi warga. Dari data sementara belum bisa dipastikan berapa warga yang terdampak namun sebanyak ratusan rumah di 8 kecamatan terdampak.

Hingga kini, banjir masih merendam ratusan rumah warga di Kabupaten Aceh Barat, Aceh. “Kami warga diminta untuk waspada mengingat cuaca masih ekstrem,” kata Koordinator Rescue BPBD Aceh Barat, Kismar.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)