Terlalu Banyak Material, Petugas Sulit Evakuasi Korban Longsor Kota Bunga

Rabu, 09 Maret 2016 - 12:33 WIB
Terlalu Banyak Material, Petugas Sulit Evakuasi Korban Longsor Kota Bunga
Terlalu Banyak Material, Petugas Sulit Evakuasi Korban Longsor Kota Bunga
A A A
CIANJUR - Petugas gabungan dari BPBD, SAR, personel TNI/Polri kesulitan untuk mengevakuasi korban tanah longsor di Hotel Bali Club, Kompleks Kawasan Villa Kota Bunga, Desa Batulawang, Cipanas, Cianjur, Rabu (9/3/2016).

Banyaknya material bangunan berbahan beton mengakibatkan petugas belum bisa mendeteksi posisi dan kondisi korban.

Saat ini masih ada lima korban yang belum dievakuasi. Sedangkan enam korban lainnya berhasil diselamatkan.

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman menuturkan, sulitnya mengevakuasi korban karena banyak material longsoran yang menimpa bangunan hotel, ditambah material dari bangunan hotel itu sendiri. Posisi para korban sendiri diduga terhimpit material.

“Kerusakan bangunan hotel ini ditaksir 80% lebih. Beberapa kamar hancur karena tertimpa material longsoran. Selain menimbun penghuni hotel, ada sekitar enam mobil dan dua sepeda motor yang juga turut tertimbun,” kata Asep di lokasi kejadian, Rabu (9/3/2016).

Asep menyebutkan, dari kelima korban yang masih tertimbun, dua korban, yakni Natasya (7) dan pembantunya (baby sitter) sudah terdeteksi. “Kondisinya lemas kekurangan udara, petugas langsung pasok air minum, makanan dan oksigen,” katanya.

Dedi Rahman (31) seorang petugas engenering hotel menyebutkan, longsor terjadi dini hari tadi.

Hujan deras sepanjang malam diduga menjadi pemicu ambruknya tanah tebing setinggi 50 meter di belakang bangunan hotel itu.

“Semua korban merupakan tamu hotel. Ada yang sudah dievakuasi tapi ada yang belum karena tertimbun masih longsoran dan material bangunan yang hancur,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8430 seconds (0.1#10.140)