Komitmen Tangani COVID-19, Pemkab Muba Dapat Insentif Rp 11,9 M

Selasa, 21 Juli 2020 - 13:45 WIB
loading...
Komitmen Tangani COVID-19, Pemkab Muba Dapat Insentif Rp 11,9 M
Pemkab Musi Banyuasin, memiliki komitmen besar dalam penganggaran dan pelaporan serta pelaksanaan penanganan COVID-19. Foto/SINDOnews/Dede Febriansyah
A A A
SEKAYU - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah melakukan penilaian atas kinerja penganggaran dan pelaporan serta pelaksanaan penanganan COVID-19 pada seluruh pemerintah daerah.

(Baca juga: Pemerintah Harus Fasilitasi Siswa yang Terkendala Belajar Daring )

Di Sumatera Selatan (Sumsel), Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), salah satu daerah yang diapresiasi oleh Kemenkeu dan dinilai komitmen. Muba diganjar insentif daerah tambahan sebesar Rp11.9 miliar.

Penetapan pemberian insentif ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) No. 87/PMK.07/2020. "Alhamdulillah ini berkat komitmen dan konsisten OPD Muba, bersama pihak terkait dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 yang maksimal," ungkap Bupati Muba, Dodi Reza Alex, Selasa (21/7/2020).

(Baca juga: Lagi, Pasutri di Tebing Tinggi Positif Terpapar COVID-19 )

Dodi memastikan dana insentif ini akan dipakai untuk menangani dampak COVID-19 sektor perekonomian daerah seperti pemberdayaan UMKM dan koperasi, penanganan kesehatan dan bantuan sosial.

"Insentif tambahan ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin memulihkan perekonomian di Muba dari berbagai sektor terutama bagi pelaku UMKM," ujarnya.

Tak ingin pengelolaan anggaran meleset dari sasaran, Pemkab Muba menggandeng pihak Kejari Sekayu dan Polres Muba untuk bersama-sama mengawasi pengelolaan anggaran penanganan COVID-19 . Bahkan Dodi Reza Alex juga meminta bimbingan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Terkait dengan anggaran dalam penanganan COVID-19, ini kami sangatlah berhati-hati dengan menggandeng APIP dan Kejari serta Polres, tentu dengan arahan dari KPK kami selalu menetapkan rambu-rambu agar penyaluran ini bisa terlaksana dengan baik tanpa menimbulkan konsekuensi hukum," sebutnya.

(Baca juga: Selamatkan Bumil dan Bayi, 500 Ibu Hamil Jalani Test Swab )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)