Tergiur Diberi Rumah dan Lahan Warga Sulsel Ikut Gafatar

Kamis, 28 Januari 2016 - 08:56 WIB
Tergiur Diberi Rumah dan Lahan Warga Sulsel Ikut Gafatar
Tergiur Diberi Rumah dan Lahan Warga Sulsel Ikut Gafatar
A A A
PAREPARE - Sejumlah eks pengikut Gerakan Fajar Nusantara atau Gafatar asal Sulawesi Selatan mengaku tergiur masuk kelompok ini lantaran tergiur akan diberikan rumah serta sebidang tanah di wilayah Kalimantan. Hal itu diungkapkan sejumlah eks pengikut Gafatar saat Kapal Motor Bukit Siguntang yang mereka tumpangi bersandar di Pelabuhan Nusantara Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu malam 27 Januari.

Mereka adalah bagian dari 272 eks pengikut kelompok Gafatar asal Sulawesi Selatan yang diangkut dengan menggunakan KM Bukit Siguntang milik PT Pelni dari Pelabuhan Semayang Balikpapan, Senin lalu 25 Januari. .

Ratusan eks pengikut Gafatar ini berasal dari beberapa wilayah di Sulawesi Selatan seperti Makassar, Enrekang, Pinrang, Takalar, Sinjai dan beberapa wilayah lainnya.

Masruddin eks pengikut gafatar asal Parepare mengaku, mereka direkrut oleh beberapa orang untuk ikut masuk anggota Gafatar dari daerah dengan iming-iming akan diberikan sebuah rumah beserta sebidang tanah untuk mereka kelola menjadi sawah dan lahan perkebunan.

Sementara itu salah seorang eks pengikut Gafatar asal Kabupaten Pinrang Hamka mengaku sebelumnya warga yang ada di sekitar tempat mereka bermukim tidak pernah mempermasalahkan keberadaannya dan bahkan merespon positif.

Dia menilai bahwa Gafatar bukanlah sebuah agama melainkan organisasi masyarakat.
Hamka berharap agar pemerintah daerah Provinsi Kalimanatan Timur serta Sulawesi Selatan mau memberikan solusi bagaimana dengan nasib aset yang mereka tinggalkan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6322 seconds (0.1#10.140)