Mudik Gratis, Ribuan Warga Diangkut KMP Wicitra Dharma I Menuju Pulau Raas Sumenep

Kamis, 20 April 2023 - 20:10 WIB
loading...
Mudik Gratis, Ribuan Warga Diangkut KMP Wicitra Dharma I Menuju Pulau Raas Sumenep
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melepas ribuan pemudik dalam program Mudik Gratis menuju Pulau Raas Sumenep. Foto: SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SITUBONDO - Sebanyak 4.000 orang dan 2.400 unit kendaraan roda dua diangkut menggunakan Kapal Motor Penumpang (KMP) Wicitra Dharma I dari Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo menuju tujuan Pulau Raas Kabupaten Sumenep, Kamis (20/4/2023).

Ribuan warga tersebut merupakan peserta mudik gratis dari Pemprov Jatim . Total hingga Kamis (20/4/2023) pemberangkatan kapal mudik gratis telah dilaksanakan empat kali dengan jumlah penumpang 1.406 orang dan kendaraan roda dua 562 unit.



“Juga ada nanti balik gratis Raas-Jangkar yang akan dilaksanakan. Semuanya kita harapkan bisa terjaga dengan baik sehingga kita semua bisa menyambut bahagia menyambut Lebaran," kata Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa saat memberangkatkan pemudik di Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo.



Sebelumnya, Khofifah juga telah memberangkatkan mudik warga Jatim dari Jakarta sebanyak 24 bus pada Selasa (18/4/2023). Kemudian memberangkatkan 90 bus mudik dengan tujuan 15 Kabupaten/Kota di Jatim pada Rabu (19/4/2023).

"Saya minta kepada OPD (organisasi perangkat daerah) terkait yang masih bertugas, tetap bisa memberikan layanan terbaik," ujarnya.



Salah satu penumpang kapal KMP Wicitra Dharma I Arifa (40) warga Situbondo yang hendak menuju Pulau Raas mengaku senang atas program mudik gratis Pemprov Jatim ini. "Biasanya bayar Rp50 ribu, tapi sekarang gratis. Lumayan uangnya dibuat beli oleh-oleh," katanya.

Hal senada disampaikan Lamsuri (50) warga asli Pulau Raas yang kini tinggal di Denpasar Bali hendak mudik. Berangkat dari pelabuhan jam 5 sore lalu setibanya di pelabuhan Gilimanuk antri cukup lama sekitar 6-7 jam. Penuh perjuangan. Tapi demi mudik harus dijalani dan disyukuri. Apalagi mudiknya gratis.

"Dengan mudik gratis ini, saya gembira karena sistem penjualan online dan mengurangi antrian dan sangat terbantu dengan mudik gratis," ujarnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6678 seconds (0.1#10.140)