Gagah! Begini Penampilan Kapal Kepresidenan KRI Bung Karno 396 Karya Anak Bangsa

Kamis, 20 April 2023 - 17:19 WIB
loading...
Gagah! Begini Penampilan Kapal Kepresidenan KRI Bung Karno 396 Karya Anak Bangsa
Kapal kepresidenan berjenis korvet, KRI Bung Karno 369 tampil gagah di galangan PT Karimun Anugerah Sejati, Tanjunguncang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Foto/iNews TV/Gusti Yennosa
A A A
BATAM - Secara perlahan tali pengikat badan kapal terlepas, dan kapal menggelincir pelan di atas bantalan karet menuju ke tepian dermaga. Deburan air laut, langsung menyambut kapal berbadan bongsor tersebut saat untuk pertama kalinya mengambang di lautan.



Kapal bercat abu-abu tersebut, diberi nama KRI Bung Karno 369. Di bagian depan kapal, terlihat lambang garuda pancasila berwana emas berkilau tajam, dan membuat kapal semakin terlihat gagah di tepi lautan.



KRI Bung Karno 369 merupakan kapal kepresidenan. Hebatnya, kapal canggih ini diproduksi sendiri oleh anak bangsa di galangan kapal PT Karimun Anugrah Sejati, Tanjungucang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).



Peresmian pengoperasian KRI Bung Karno 369 sebagai kapal kepresidenan ini, dilakukan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali, pada Rabu (19/4/2023).

Kapal jenis korvet ini, akan mengatikan KRI Barakuda 633 yang difungsikan sebagai kapal kepresidenan. Tak main-main, KRI Bung Karno 369 dilengkapi lapisan anti peluru, meriam, dan rudal anti seragan udara.

Gagah! Begini Penampilan Kapal Kepresidenan KRI Bung Karno 396 Karya Anak Bangsa


Memiliki panjang 73 meter, dengan lebar 12 meter, dan tinggi lima meter, kapal korvet ini memiliki kecepatan jelajah 24 knot. Muhammad Ali mengatakan, dengan adanya KRI Bung Karno 369 akan semakin memperkuat arnada kapal perang TNI AL.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)