Tingkatkan Pengamanan di Sepanjang Jalur Menuju Pelabuhan Ciwandan, Begini Penjelasan Polisi

Senin, 17 April 2023 - 08:16 WIB
loading...
Tingkatkan Pengamanan di Sepanjang Jalur Menuju Pelabuhan Ciwandan, Begini Penjelasan Polisi
Wakapolda Banten, Brigjen pol Sabilul Alif menuturkan sejumlah upaya yang menjadi patokan utama dalam pengamanan jalur mudik di sepanjang dermaga di Pulomerak, Cilegon, Banten. (Ist)
A A A
CILEGON - Wakapolda Banten, Brigjen pol Sabilul Alif menuturkan sejumlah upaya yang menjadi patokan utama dalam pengamanan jalur mudik di sepanjang dermaga di Pulomerak, Cilegon, Banten. Sabilul menjelaskan upayan pengamanan ini lantaran adanya isu aksi kawanan bajing loncat yang menyasar pada antrean truk menuju pelabuhan Ciwandan.

Sabilul mengungkapkan, pihaknya telah menerjunkan banyak anggota Polisi Sabhara di sejumlah titik pada ruas lalu lintas sepanjang pelabuhan Merak hingga Ciwandan.

"Kami memperbanyak anggota patroli Sabhara di jalur-jalur sepanjang dermaga. Kedua, kami juga menempatkan anggota-anggota polisi yang tidak berseragam, dari anggota Intelijen, yang bisa melakukan penangkapan bersama anggota unit reskrim yang tertutup," ujar Sabilul kepada wartawan, Senin (18/4/2023).

Sabilul mengungkapkan penebalan pengamanan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ancaman keamanan yang mengintai para pemudik yang hendak menyeberang ke Sumatera. Untuk itu, dia menggarisbawahi tiga poin utama yang menjadi pengamanan utama.

"Kita juga mengantisipasi adanya pungutan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Kedua, dipastikan jalur yang dilewati pemudik, tidak ada pemalakan. Ketiga, tidak ada aksi-aksi Curas (pencurian dengan kekerasan) yang dilakukan," jelas Wakapolda Banten.

Sekadar informasi, Jalan Lingkar Selatan (JLS) menjadi jalur mudik mobil truk pengangkut barang dan kendaraan roda dua, menuju ke Pelabuhan Pelindo Ciwandan. Dalam kondisi antrean truk barang di JLS, komplotan bajing loncat memanfaatkan momen tersebut guna menjalankan aksinya di malam hari.

Lebih lanjut, Komplotan bajing loncat tersebut menyasar truk ekspedisi pengangkut sembako dan minuman, yang sedang mengantri disepanjang jalan Lingkar selatan.

Baca: Gunung Merapi Luncurkan Puluhan Kali Lava Pijar.

Brigjen Pol Sabilul Alif menjelaskan para pengendara supir truk untuk tidak khawatir di tengah arus mudik kali ini. Ia mengatakan, anggotanya tidak hanya berfokus pada pengaturan arus lalu lintas di dermaga pelabuhan Merak.

"Kita juga fokus pada keamanan dan kenyamanan pada rute-rute yang dilewati oleh pemudik. Dipastikan jalur yang dilewati kali ini, tidak ada aksi-aksi curas (pencurian dengan kekerasan) yang dilakukan," ujar Sabilul.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)