Harga BBM Turun, Tarif Angkot di Bandung Bertahan

Rabu, 06 Januari 2016 - 07:19 WIB
Harga BBM Turun, Tarif Angkot di Bandung Bertahan
Harga BBM Turun, Tarif Angkot di Bandung Bertahan
A A A
BANDUNG - Harga bahan bakar minyak (BBM) mengalami penurunan mulai hari ini, Selasa (5/1/2016).

Namun, penurunan harga BBM ini tidak diikuti dengan turunnya tarif angkutan kota (angkot) di Kota Bandung.

Ketua koperasi angkutan Kobanter Dadang Hamdani mengatakan, terlalu riskan untuk menurunkan tarif angkutan kota (angkot) di Bandung seiring dengan turunnya harga BBM.

"Sementara belum ada perubahan. Dengan turunnya sedikit kayaknya berat untuk turun tarif," ujar Dadang.

Menurutnya, saat ini kondisi moda transportasi angkot tengah kritis. Ditambah kondisi Kota Bandung yang macet, sebagian masyarakat memilih untuk menggunakan moda transportasi lain atau menggunakan sepeda motor.

Dari jumlah penduduk di kota Bandung, 20 persen masih menggunakan tranportasi umum, dan itu pun masih diperebutkan oleh beberapa jenis transportasi.

"Dari jumlah penduduk di Kota Bandung, 20 persennya itu penumpang transportasi umum. Dan jumlah itu diperebutkan oleh beberapa moda transportasi," katanya.

Selain itu, kata Dadang, harga suku cadang yang masih tinggi pun menjadi alasan sulitnya angkot di Kota Bandung untuk menurunkan tarifnya. Terlebih, Organda pusat juga sampai saat ini belum mengambil sikap untuk menentukan tarif angkot.

"Biasanya kalau seperti ini ada kebijakan dari Organda pusat yang ditindaklanjuti oleh daerah. Tapi saya belum melihat (kebijakan). Tapi pesimis lah kalau turun tarif," katanya.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Enjang Mulyana, mengatakan, ada kemungkinan tarif angkot tidak mengalami penurunan seiring turunnya harga bahan bakar minyak (BBM).

Terlebih, saat ini faktor lainnya pun masih mempengaruhi untuk angkot tidak menurunkan tarifnya.

Namun, pihaknya pun akan mengkaji terlebih dahulu untuk tarif angkot ini. "Dalam waktu dekat, Dishub akan mengundang pihak-pihak terkait untuk membahas mengenai penurunan harga BBM ini," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6184 seconds (0.1#10.140)