Pj Gubernur Banten Lepas Presiden Jokowi dan Rombongan ke Jerman

Minggu, 16 April 2023 - 15:35 WIB
loading...
Pj Gubernur Banten Lepas Presiden Jokowi dan Rombongan ke Jerman
Pj Gubernur Banten Al Muktabar ikut melepas Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bertolak ke Hannover, Jerman di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (15/4/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar ikut melepas Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bertolak ke Hannover, Jerman di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Jokowi bertolak ke Jerman untuk menghadiri Hannover Messe 2023.

Al Muktabar menjelaskan, Presiden Jokowi akan membuka Hannover Messe bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz. Selain itu, Presiden Jokowi juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, serta bertemu dengan beberapa pengusaha besar di Jerman.

"Insyallah Bapak Presiden direncanakan tiba kembali di Indonesia pada Selasa (18 April 2023)," kata Al Muktabar usai melepas Jokowi di Bandara Soetta, Sabtu (15/4/2023).



Sebelumnya, Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, dan delegasi terbatas berangkat ke Jerman menghadiri Hannover Messe 2023. Tahun ini tema yang diusung Indonesia adalah Making Indonesia 4.0. Menurut Jokowi, Hannover Messe merupakan pameran industri terbesar di Eropa. Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang menjadi negara mitra resmi atau partner country.

"Jerman adalah mitra dagang dan investasi penting di Eropa. Mitra dagang terbesar di antara negara Eropa dan investor terbesar keempat dari kawasan Eropa," kata Jokowi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dilansir dari siaran pers Setpres, Sabtu (15/4/2023).

Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta menggunakan Pesawat Kepresidenan GIA-1 sekitar pukul 11.00 WIB. Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Jerman yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andi Rachmianto, Komandan Paspampres Rafael Granada Baay, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Selain Pj Gubernur Banten Al-Muktabar, tampak melepas keberangkatan Presiden di Bandara Soekarno-Hatta yaitu Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Wury Ma'ruf Amin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)