41 Tahanan dan Napi di Jateng Tewas

Kamis, 31 Desember 2015 - 17:01 WIB
41 Tahanan dan Napi di Jateng Tewas
41 Tahanan dan Napi di Jateng Tewas
A A A
SEMARANG - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah mencatat, selama kurun waktu 2015, sebanyak 41 orang penghuni penjara meninggal dunia. Mereka berstatus tahanan maupun narapidana di total 44 lembaga pemasyarakatan/rumah tahanan negara (rutan) di Jawa Tengah.

"Penyebab kematian rata-rata penyakit. Mulai dari tuberculosis, sakit jantung, sesak napas, diabetes, dan stroke," ungkap Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Bambang Sumardiono, Kamis (31/12/2015).

Pihaknya menindaklanjuti dengan mengurus pemakaman atau penyerahan jenazah ke pihak keluarga.

Sementara, untuk tahanan dan narapidana yang sakit, terhitung sejak Januari-November 2015 ada 29.534 orang. Penyakitnya mulai dari tuberculosis, ketergantungan narkoba, penyakit kronis, maupun penyakit ringan.

"Kami telah melakukan berbagai upaya, baik pengobatan pertama di klinik Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara oleh tenaga medis di dalam maupun di luar," lanjut dia.

Pihaknya juga telah berupaya maksimal, merujuk ke rumah sakit di luar penjara. Untuk yang berstatus pecandu narkoba, dilakukan rehabilitasi bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Di periode Januari-Desember, ada empat orang tahanan/narapidana yang kabur. Ini juga belum termasuk satu tahanan dari Lapas Kendal yang kabur akhir Desember lalu. Pihak Divisi Pemasyarakatan terus melakukan pengejaran dan berkoordinasi dengan aparat kepolisian.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Jawa Tengah Kombes Pol Rini Muliawati mengatakan, pihaknya mencatat pada tahun 2015 ada 85 kasus kematian tidak wajar yang ditangani.

Ini termasuk jika ada kasus tahanan/narapidana yang tewas. Dari total 85 jenazah, 25 di antaranya ditemukan tanpa identitas. "Data profile jenazah sudah kami ambil. Termasuk sampel tulangnya untuk keperluan tes DNA."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7270 seconds (0.1#10.140)