Pemudik dari Terminal Arjosari Malang Meningkat 70 Persen

Sabtu, 15 April 2023 - 08:06 WIB
loading...
Pemudik dari Terminal Arjosari Malang Meningkat 70 Persen
Sepekan menjelang Lebaran, pemudik yang naik bus terus melonjak di Terminal Arjosari, Malang, Jawa Timur. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Sepekan menjelang Lebaran 2023, jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) terus melonjak di Terminal Arjosari, Malang, Jawa Timur. Permintaan tiket dari masyarakat yang hendak mudik melonjak sejak beberapa hari yang lalu.

Vincent, seorang petugas tiket di Terminal Arjosari mengungkapkan, kenaikan reservasi tiket di PO bus Medali Mas saja menyentuh angka 70-80 persen.


Jumlah itu bahkan diperkirakan bertambah mengingat masih ada slot kursi yang tersedia untuk jurusan Jakarta dan sekitarnya.

"Peningkatan jauh dibandingkan hari biasanya, tahun ini 70-80 persen, dibanding tahun lalu ya jauh juga, tahun ini tidak ada pembatasan," ucap Vincent, ditemui di Terminal Arjosari Malang, pada Jumat (14/4/2023).

Bahkan Vincent menuturkan, untuk beberapa jurusan di Provinsi Jawa Tengah, seperti Solo, Semarang, Tegal, hingga Brebes, keberangkatan dari Malang sudah penuh.

"Yang ke Jawa Tengah sudah penuh dari 12 (April) kemarin sampai tanggal 27 (April), kalau yang ke Jakarta biasanya masih tersedia, cuma beberapa kursi saja, biasanya sampai habis Lebaran," bebernya.


Permintaan tiket yang meningkat membuat harga tiket juga melonjak tajam. Diakui Vincent untuk harga tiket di PO Medali Mas sudah mengalami kenaikan 30-40 persen dari tarif normal untuk kelas eksekutif.

"Kalau setelah hari raya bisa tembus 700 (ribu) ke Jakarta," katanya.

Sementara itu kru bus PO Haryanto, Agus Suparto menuturkan, kenaikan jumlah penumpang memang sudah terasa.

Ia memprediksi kenaikan pemudik yang berangkat dari Malang menuju sejumlah daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jakarta, masih terjadi hingga 19 April mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)