Getaran Gempa Tuban Dirasakan Kuat hingga Bali dan NTB

Jum'at, 14 April 2023 - 18:01 WIB
loading...
Getaran Gempa Tuban Dirasakan Kuat hingga Bali dan NTB
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 berpusat di barat daya Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Jumat (14/4/2023). Foto/BMKG
A A A
TUBAN - Getaran gempa bumi yang berpusat di Laut Jawa, sangat kuat dirasakan di wilayah Bali. Yakni di Kuta, dan Gianyar. Dilansir dari bmkg.go.id, getaran gempa dirasakan lima dalam skala MMI di Kuta, Bali. Sedangkan di Gianyar, Bali, dirasakan empat dalam skala MMI.



Di laman resmi BMKG tersebut, dijelaskan getaran dirasakan lima dalam skala MMI, artinya getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.



Sedangkan untuk getaran gempa yang memiliki empat skala MMI, yakni pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi.



Selain Gianyar, Bali, getaran gempa bumi yang dirasakan dalam empat skala MMI, dirasakan di Mataram, NTB, dan wilayah Jawa Timur, meliputi Karangkates, Trenggalek, Tuban, Garut, Kediri, Malang, Surabaya, Tulungagung, dan Pacitan.

Sementara di Pelabuhan Ratu, Labuan, Tabanan, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa, Dompu, dan Bima getaran gempa dirasakan dalam tiga skala MMI, yakni getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.



Getaran gempa juga dirasakan dalam dua skala MMI di wilayah Magelang, Bantul, Gunungkidul, Purworejo, Wonogiri, Purwokerto, Solo, Klaten, Purbalingga, Temanggung, dan Wonosobo. Yakni, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2387 seconds (0.1#10.140)