alexametrics

Jalur Pendakian Gunung Lawu Dibuka Tentatif

loading...
Jalur Pendakian Gunung Lawu Dibuka Tentatif
(dok.sindonews)
A+ A-
KARANGANYAR - Perhutani selaku pengelola Gunung Lawu akhirnya membuka kembali jalur pendakian Gunung Lawu yang melintasi Cemoro Kandang Tawangmangu, Karanganyar.

Jalur pendakian itu kambeli dibuka untuk mengakomodir para pecinta alam yang ingin menikmati libur akhir tahun di puncak gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut.

Asisten Perhutani Bagian Kesatuan pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara Arif Nurjati, mengatakan jalur Cemoro Kandang sebelumnya ditutup sejak kebakaran hutan beberapa waktu lalu.



Kala itu kebakaran yang berada di Lereng Lawu menewaskan Sembilan orang pecinta alam yang sedang dalam perjalanan dari puncak. Setelah kebakaran tersebut jalur pendakian baru dibuka akhir tahun ini.

Arif mengatakan pembukaan jalur tersebit sifatnya masih tentatif. Pasalnya di musim hujan seperti ini, pendakian melalui Jalur Camoro Kandang rawan longsor.

Sehingga perlu perhatian ekstra dari pihak Perhutani, Relawan Anak Gunung LAwu dan juga para pendaki yang hendak naik ke puncak gunung.

"Sementara yang kita buka untuk umum adalah Jalur Cemoro Kandang, sedangkan yang melalui Taman Hutan Raya (Tahura) belum kami buka," ucap Arif, Minggu (27/12/2015) siang.

Ia mengatakan meski dibuka untuk umum, para pendaki harus mengikuti himbauan yang diberikan oleh petugas dan juga relawan yang ada.

Saat hujan deras mengguyur, pendaki tidak diperbolehkan untuk naik ataupun turun. Para pendaki harus menunggu hujan reda terlebih dahulu, pasalnya jika itu dipaksakan, nantinya justru akan membahayakan bagi pendaki itu sendiri.

Selain itu pihaknya juga menerapkan system yang ketat bagi para pendaki. Setiap pendaki harus menyerahkan identitas yang jelas saat melakukan pendakian. Selain itu nantinya setiap kelompok juga harus memiliki penanggung jawab saat melakukan pendakian.

Hal itu demi menciptakan rasa aman saat melakukan pendakian di lereng gunung lawu. "Aman untuk dilewati, namun para pendaki juga harus taat dengan
administrasi," ucapnya.

Seperti diketahui ribuan pendaki gunung biasanya memanfaatkan libur akhir tahun untuk naik ke Gunung Lawu. Selain pemandangan yang ditawarkan cukup bagus, obyek wisata lain yang ada di Lereng gunung itu juga menjadi daya tarik tersendiri.

Sementara itu Kapolsek Tawangmangu AKP Riyanto mengatakan ribuan orang telah menikmati liburan di lereng lawu sejak beberapa hari lalu.

Menurutnya seperti tahun-tahun sebelumnya, ribuan orang selalu memadati sejumlah obyek wisata yang ada. Mereka juga menikmati liburan di sejumlah penginapan yang tersedia di lereng gunung tersebut.

"Sejak Kamis hingga Sabtu lalu lintas terpantau sangat padat, selain itu di sejumlah obyek wisata pengunjungnya sangat penuh, kondisi ini masih akan berlangsung hingga libur tahun baru berlangsung," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak