Kebocoran Dokumen Pentagon Ungkap Jumlah Pasukan Khusus NATO di Ukraina

Rabu, 12 April 2023 - 14:01 WIB
loading...
Kebocoran Dokumen Pentagon Ungkap Jumlah Pasukan Khusus NATO di Ukraina
Anggota US Navy SEAL berpartisipasi dalam pelatihan militer bersama di Limassol, Siprus, 10 September 2021. Foto/REUTERS/Yiannis Kourtoglou
A A A
WASHINGTON - Salah satu dokumen rahasia militer Amerika Serikat (AS) yang telah dipublikasikan secara online menunjukkan keberadaan 97 operator pasukan khusus NATO di Ukraina pada 1 Maret 2023.

Dari jumlah tersebut, 50 orang di antaranya adalah warga Inggris, menurut laporan beberapa outlet Inggris pada Selasa (11/4/2023).

The Guardian mengatakan telah melihat dua file, tertanggal akhir Februari dan awal Maret, yang mencantumkan 50 agen khusus Inggris aktif di Ukraina. AS memiliki 14 agen khusus di Ukraina, dan Prancis 15 orang.

Dokumen-dokumen itu diberi label "rahasia" dan disiapkan untuk pejabat senior pertahanan AS, menurut outlet tersebut.

Pembaruan harian berisi informasi tentang operasi militer NATO, logistik, pengiriman senjata, dan pelatihan pasukan Ukraina.



Outlet Inggris lainnya, Declassified, mencatat 14 operator khusus AS termasuk di antara 29 personel Pentagon yang hadir di Ukraina, termasuk detasemen keamanan Marinir di Kedutaan Besar AS di Kiev dan atase militer.

Sebanyak 71 personel Departemen Luar Negeri AS lainnya juga berada di negara itu, berjumlah total 100 orang Amerika.

Dokumen yang bocor itu juga mencatat slide itu ditandai "tidak dapat dirilis ke warga negara asing."

Sementara operator khusus AS berasal dari dua unit, Navy SEAL dan Pasukan Delta Angkatan Darat, definisi Inggris melampaui Special Air Service (SAS) hingga pasukan terjun payung, marinir, dan unit lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)