Perindo Dorong Konservasi Lingkungan di Kudus

Sabtu, 19 Desember 2015 - 02:11 WIB
Perindo Dorong Konservasi Lingkungan di Kudus
Perindo Dorong Konservasi Lingkungan di Kudus
A A A
KUDUS - Bencana alam baik banjir hingga tanah longsor yang kerap melanda wilayah Kabupaten Kudus membuat jajaran DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) setempat prihatin. Pengurus partai yang dipimpin Hary Tanosoedibjo ini mendorong progam konservasi lingkungan di wilayah sekitar rawan bencana di Kudus.

Hal itu disampaikan Ketua DPD Perindo Kudus Noor Hartoyo di sela-sela aksi bakti sosial (baksos) yang digelar di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Jumat 18 Desember 2015 kemarin. Awal pekan ini Desa Wonosoco diterjang banjir bandang. Selain menerjang rumah warga banjir bandang juga merusak sejumlah fasilitas publik di kawasan tersebut.

Perindo memberikan bantuan berupa dua tangki air bersih, mi instan hingga baju layak pakai untuk para korban banjir. Bantuan itu diserahkan ke pemerintah Desa Wonosoco yang diwakili Kades Setyo Budi untuk selanjutnya diserahkan kepada para korban banjir.

"Baksos ini merupakan bagian dari aksi peduli dan sekaligus berbagi Partai Perindo. Semoga bantuan ini mampu meringankan beban warga korban banjir bandang," kata Noor Hartoyo kemarin. Bencana alam yang berulangkali menerjang Wonosoco, kata Hartoyo membuat jajarannya prihatin.

Oleh karenanya DPD Perindo Kudus mendorong agar progam konservasi lingkungan di kawasan Pegunungan Kendeng terus digencarkan. Agar hasilnya maksimal berbagai elemen mulai Pemkab, Perhutani hingga warga harus bekerjasama dan berperan aktif dalam progam tersebut.

"Pemicu utama banjir bandang ini adalah rusaknya lingkungan. Kalau hutan gundul maka daerah tangkapan air juga tak berfungsi maksimal. Itu yang harus dibenahi dulu," ujar Hartoyo. Selain reboisasi, lanjut Hartoyo langkah tersebut juga harus diimbangi dengan penataan sungai di wilayah Wonosoco.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5422 seconds (0.1#10.140)