Ratusan Calon Kades di Subang Teken Kesepakatan Damai

Minggu, 13 Desember 2015 - 01:04 WIB
Ratusan Calon Kades di Subang Teken Kesepakatan Damai
Ratusan Calon Kades di Subang Teken Kesepakatan Damai
A A A
SUBANG - Ratusan calon kepala desa (kades) dari 34 desa di Kabupaten Subang, Jawa Barat, menandatangani deklarasi kesepakatan damai di Mapolres Subang, Sabtu (12/12/2015). Pilkades serentak digelar 20 Desember 2015.

"Melalui kesepakatan damai ini, diharapkan pelaksanaan pilkades serentak berlangsung kondusif dan jauh dari konflik," ujar Bupati Subang Ojang Sohandi kepada KORAN SINDO, Sabtu (12/12/1015).

Dia pun meminta seluruh tim sukses masing-masing calon kades agar tidak saling menjelekkan dan menjauhi sikap-sikap yang bisa memicu konflik.

"Gunakanlah cara-cara yang elegan untuk meraih simpati pemilih, jangan saling mengejek, menghina, atau menjelekkan, karena itu akan merugikan diri sendiri, bahkan menimbulkan konflik," tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Subang AKBP Agus Nurpatria menyebut, pada pilkades serentak ini ada dua desa yang dianggap rawan konflik. Sebab, berdasarkan informasi awal, calon kades dari dua desa itu berpotensi menjadi masalah.

Pertama, karena calonnya bekerja di kabupaten tetangga tetapi domisili di Subang. Kedua, ada calon yang punya KTP Subang tetapi belum lama tinggal di Subang.

Pihaknya, kata Agus, sudah mendalami permasalahan tersebut dan mengikuti perkembangannya. Saat ini, panitia pilkades di dua desa itu sudah menetapkan yang bersangkutan sebagai calon kades dan berhak ikut dalam pilkades.

"Karena itu, kami akan maksimalkan pengamanan di dua desa tersebut, dengan memberinya perhatian khusus, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," pungkas kapolres tanpa mau menyebutkan nama dua desa itu.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5158 seconds (0.1#10.140)