alexametrics

Cerita Pagi

Jejak Tokoh Masyumi Prawoto Mangkusasmito

loading...
Jejak Tokoh Masyumi Prawoto Mangkusasmito
Prawoto Mangkusasmito. (Foto: Wikipedia)
A+ A-
BERBICARA tentang Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) tak bisa dilepaskan dari Prawoto Mangkusasmito. Dialah yang terakhir menjadi ketua umum partai tersebut.

Tokoh yang lahir di Tirto (Grabag) Magelang, Jawa Tengah, 4 Januari 1910 ini adalah anak dari pasangan Supardjo Mangkusasmito dan Suendah. Ayahanda Prawoto adalah seorang mantri candu yang pada masa itu bertugas mengawasi praktik penjualan candu.

Prawoto menyelesaikan pendidikannya di Algemene Middelbare School (AMS) Yogyakarta pada 1932. Selain aktif dalam Jong Islamieten Bond (JIB), ia menjadi anggota Jong Java. Pada 1935, ia melanjutkan studi di Recht Hoge School (RHS) Jakarta. Ia masuk Studenten Islam Studie Club (SIS).



Karena pendudukan Jepang, Prawoto gagal menyelesaikan kuliah hukum, hanya sampai tingkat IV. Semasa clash kedua, ia ikut bergerilya bersama R Pandji Suroso, IJ Kasimo, dan Kasman Singodimedjo.

Saat Indonesia kembali diserang oleh Agresi Militer Belanda I dan II, ia kembali ikut terlibat dalam medan perjuangan dengan para pejuang bangsa yang lain.

Setelah Indonesia merdeka, perjuangan Prawoto tidak lagi dalam medan perang. Ia yang sejak muda aktif dalam pergerakan, memilih Masyumi sebagai basis perjuangannya.

Di Masyumi, namanya disejajarkan dengan Mohammad Natsir, Mohammad Roem, Wahid Hasyim, maupun Syafruddin Prawiranegara. (Baca juga: Mengenang Wahid Hasyim, Pahlawan Nasional dari Jombang).

Di masa Kabinet Wilopo (3 April 1952-30 Juli 1953), Prawoto dipercaya menjadi wakil perdana menteri.

Setelah Pemilu 1955, ia terpilih menjadi Wakil Ketua I Konstituante sampai lembaga tertinggi hasil pemilihan umum itu dibubarkan oleh Presiden Soekarno lewat Dekrit 5 Juli 1959. Saat itu, Ketua Konstituante dijabat Mr Wilopo.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak