Antisipasi Hoaks dengan Memeriksa Fakta dan Berita di Internet

Sabtu, 08 April 2023 - 17:17 WIB
loading...
Antisipasi Hoaks dengan Memeriksa Fakta dan Berita di Internet
Obral Obrol Literasi Digital (OOTD) Ngabuburit dengan tema Pintar Cek Fakta dan Berita. (Ist)
A A A
BANTEN - Jumlah informasi yang beredar di internet semakin tidak terbendung. Dengan penetrasi internet yang mencapai 78%, pengguna internet di Indonesia telah menembus angka 215 juta orang.

Survei Kominfo dan Katadata Insight Center (2021) menemukan 73% responden menjadikan media sosial sebagai sumber informasi. Dengan latar belakang tersebut, maka diperlukan suatu upaya untuk memilah fakta dan berita yang beredar di internet.

Sejalan dengan itu, dalam memperingati Hari Internasional Fact-Checking, Kominfo Bersama GNLD Siberkreasi mengadakan kegiatan Obral Obrol Literasi Digital (OOTD) Ngabuburit dengan tema “Pintar Cek Fakta dan Berita” pada Kamis, 6 April 2023.

Dalam mengantisipasi penyebaran berita hoaks, Syarief Ramaputra selaku Pemeriksa Fakta Senior MAFINDO menjelaskan pengguna media sosial harus memiliki kemampuan menyaring dan memverifikasi informasi. Perseberan hoaks menjadi masalah serius, terutama di masa Pandemi Covid-19.

“Orang itu lebih cenderung percaya hoaks jika memang informasinya itu sesuai dengan opini yang dimiliki atau diyakini,” ujarnya.

Selain itu, ada fenomena gelembung informasi karena basis algoritma tertentu. Fenomena ini hanya memungkinkan informasi yang diterima seseorang hanya sesuai pada minatnya saja. Sebuah hoaks informasi yang secara terus menerus tampil dapat berpotensi dipercayai oleh banyak orang. Hal ini yang disebut dengan fenomena post truth.

Perkembangan artificial intelligence menjadi momok tersendiri dalam penipuan di internet. Teknologi AI dapat mengubah wajah seseorang mirip seperti aslinya. Teknologi ini sebenarnya menurut Syarief sudah digunakan sebelumnya dalam pembuatan film. Tetapi, potensi negatifnya juga tidak ikut sirna.

Karissa Sjawaldy sebagai Manajer Kebijakan Publik Meta Indonesia mengungkapkan Facebook sendiri mempunyai mekanisme moderasi konten negatif, hoaks, atau misinformasi. Facebook akan menghapus konten yang membahayakan atau yang berisi unsur kekarasan.

Kedua, mengurangi distribusi informasi di newsfeed misalnya informasi yang salah dan keliru. Ketiga, memberikan tanda untuk konten yang sudah diverifikasi.

Dari sisi pengguna, Karissa membagikan tips agar tidak ikut menyebarkan berita hoaks atau misinformasi. Pertama, cek kembali kebenaran informasi dari sumber yang terpercaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)