alexa snippet

Tembak 3 Warga, Perampok Toko Emas di Cilacap Gasak 1 Kg Emas

Tembak 3 Warga, Perampok Toko Emas di Cilacap Gasak 1 Kg Emas
Ilustrasi perampokan toko emas (foto:Istimewa/Hasan Kurniawan)
A+ A-
SEMARANG - Petugas Subdirektorat Kejahatan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Jawa Tengah telah mengidentifikasi komplotan perampokan dua toko emas di Cilacap pada Rabu 25 November 2015 lalu.

Polisi telah memeriksa 13 saksi atas perkara itu. “Dikejar ke Jawa Barat. Mudah–mudahan cepat terungkap,” ungkap Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Nur Ali, di Lobi Mapolda Jawa Tengah, Jumat (27/11/2015).

Pada kasus itu, pihaknya mengerahkan kekuatan penuh agar cepat mengungkapnya. Sebab, perampokan toko emas apalagi dengan menggunakan senjata api hingga melukai korbannya sangat meresahkan masyarakat.

Terpisah, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah Kombes Pol Gagas Nugraha mengatakan, di Tempat Kejadian Perkara (TKP) pihaknya mengamankan 6 selongsong dan 2 proyektil.

“Senjata rakitan, bukan organik. Diperkirakan dari jenis FN (pistol),” tambah Gagas.

Berdasarkan penyelidikan sementara, Gagas menduga ada tujuh orang yang terlibat pada perampokan itu. Meskipun saat beraksi hanya bergerak empat pelaku. Soal siapa–siapa saja pelakunya, Gagas belum bersedia membeberkan.

“Doakan saja, mudah–mudahan cepat tertangkap. Dari saksi–saksi di lapangan, barang bukti kendaraan bermotor ada dua unit. Di situ ada CCTV, tapi tidak terbaca secara detail. Kami allout untuk kasus ini,” lanjutnya.

Aksi perampokan brutal itu terjadi sekira pukul 08.30 WIB. Dua toko emas yang dirampok Toko Emas Naga Putri dan Toko Emas Adil dan Bintang. Kedua toko emas berlokasi di Pasar Sikanco, Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap.

Kawanan perampok bergerak cepat menggasak emas dari dua toko yang baru buka itu. Totalnya hampir 1 kg emas digasak. Tiga warga ditembak, masing–masing Sumardi (penjaga toko emas Adil dan Bintang) serta Muslimin dan Suyitno yang merupakan satpam dan pegawai BRI Unit Danasri.

Soal satpam dan pegawai BRI yang ditembak, Gagas menyatakan kawanan perampok tak menyasar bank tersebut. “Lokasinya berdekatan di seberang TKP (toko emas),” katanya.

Dari olah TKP awal, ada dua motor yakni Honda Supra dan Yamaha Jupiter yang digunakan saat beraksi. Dari keterangan saksi, salah satu motor Jupiter yang dikendarai pelaku tertera pelat nomor R 5381 EL. Mereka menggunakan helm dan cadar saat beraksi, membawa senpi genggam alias pistol 4 pucuk.



(san)
loading gif
Top