Partai Perindo Buka Pengobatan Gratis untuk Warga Dogiyai Terdampak Campak

Minggu, 26 Maret 2023 - 22:15 WIB
loading...
Partai Perindo Buka Pengobatan Gratis untuk Warga Dogiyai Terdampak Campak
Partai Perindo membuka pengobatan gratis bagi warga di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah yang terdampak campak. Foto: Istimewa
A A A
DOGIYAI - Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) terus menunjukkan komitmennya peduli terhadap sesama dalam hal pelayanan kesehatan. Kali ini partai bernomor urut 16 itu memberikan pelayanan pengobatan gratis pada warga Kabupaten Dogiyai , Papua Tengah, tepatnya di pedalaman Kampung Toubak, Distrik Abouyaga.

Pengobatan gratis itu diberikan karena penyakit campak di Provinsi Papua Tengah meningkat dalam 3 bulan terakhir.

Data Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, per 3 Maret 2023 total kasus yang dilaporkan sebanyak 397 orang yang tersebar di 7 kabupaten.



Ketujuh daerah yang mengalami kenaikan kasus campak yakni Nabire, Paniai, Mimika, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya dan Dogiyai. Khusus di Dogiyai, ada sebanyak 85 anak terkena campak dengan puluhan di antaranya meninggal dunia.



"Menyikapi hal ini, kami Partai perindo yang dikenal peduli dengan rakyat berinisiatif melaksanakan survei dan pengobatan massal atas kasus campak di Toubak, Distrik Abouyaga, Dogiyai," ujar Relawan Partai Perindo Papua Tengah Dokter Desi Tebay, belum lama ini.

Pengakuan masyarakat, anak-anak mulai terpapar penyakit sejak Februari. Kondisi ini mengakibatkan banyak warga yang sakit hingga meninggal dunia.



Keluhan yang dirasakan antara lain demam, mata merah, batuk, pilek dan tanda yang biasa ditemui pada pasien campak, yaitu bercak putih keabuan pada pipi bagian dalam.

Penderita juga mengalami perubahan warna kulit yaitu ruam bintik merah dari belakang telinga dan menjalar hingga seluruh tubuh.

Setelah diperiksa dan mendapat diagnosis penyakit campak, relawan Perindo segera mengupayakan terapi dan pengobatan yang diperlukan pagi penderita campak.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)