Perhutani Fokus Padamkan Titik Api di Cemoro Kandang

Senin, 26 Oktober 2015 - 22:09 WIB
Perhutani Fokus Padamkan Titik Api di Cemoro Kandang
Perhutani Fokus Padamkan Titik Api di Cemoro Kandang
A A A
SOLO - Pihak Perhutani fokus memadamkan kebakaran Gunung Lawu di Jalur Cemoro Kandang. Hal ini dilakukan agar api tidak meluas dan menyebar ke daerah lain.

"Kami juga menyisir titik api dan memadamkannya dengan membuat ilaran," kata Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara Arief Nurjati, kepada wartawan, Senin (26/10/2015).

Disebutnya, hutan Gunung Lawu di wilayah Tawangmangu yang terbakar sejak Agustus 2015 sudah mencapai 300 hektare. “Kebakaran yang di Tlogodlingo beberapa waktu lalu, sudah 180 hektare," jelasnya.

Ditambahkan, hal itu belum termasuk yang berada di Jalur Cemoro Kandang. Sementara itu, menurut warga setempat, hutan di Jalur Cemoro Sewu dari Pos 4 ke bawah sudah habis dilalap api.

"Hutan di sekitar Pos 4, 3 dan 2 sudah habis terbakar," jelasnya.

Dia melanjutkan, kebakaran di Pos 1 ke bawah sudah hampir mendekati pemukiman. Kebakaran "Hutan yang ada di atas sudah habis terbakar. Api akhirnya turun ke bawah,” terang Agus, warga yang rumahnya dekat pos Cemoro Sewu.

Ditambahkan dia, kebakaran di Pos 1 terjadi sejak Sabtu 24 Oktober 2015 pagi. "Selang sehari, api makin turun mendekati pemukiman,” pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1030 seconds (0.1#10.140)