Ratusan Orang Protes Kunjungan Netanyahu ke Inggris, Demonstran: Dia Harusnya Ditangkap!

Sabtu, 25 Maret 2023 - 01:18 WIB
loading...
Ratusan Orang Protes Kunjungan Netanyahu ke Inggris, Demonstran: Dia Harusnya Ditangkap!
Ratusan orang berunjuk rasa di luar Downing Street, London, Inggris. Foto/pfb
A A A
LONDON - Ratusan orang berkumpul di luar Downing Street, London, pada Jumat (24/3/2023), ketika Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu bertemu PM Inggris Rishi Sunak.

Protes tersebut diserukan Forum Palestina di Inggris (PFB), Kampanye Solidaritas Palestina (PSC), Koalisi Hentikan Perang, Sahabat Al-Aqsa, Asosiasi Muslim Inggris (MAB).

Sejak awal tahun, 90 warga Palestina termasuk 17 anak-anak dan seorang wanita telah tewas di Wilayah Pendudukan Palestina.

Dengan tahun ini menjadi salah satu yang paling berdarah bagi warga Palestina dalam beberapa dekade.

Terorisme yang disponsori negara, seperti pogrom baru-baru ini di desa Huwara Palestina, melambangkan kenyataan di mana keamanan warga sipil Palestina semakin terancam.



Dengan Netanyahu memimpin perkembangan ini, PFB mengatakan, "Terkejut bahwa dia disambut dengan tangan terbuka ke Inggris. Netanyahu tidak hanya memiliki sejarah panjang pelanggaran hak asasi manusia terhadap warga Palestina, termasuk perluasan permukiman ilegal di Tepi Barat, pengeboman Gaza, dan pembangunan Tembok Pemisah, tetapi juga telah dipilih untuk dikritik oleh warga Israel sendiri."

Ada seruan agar Inggris membatalkan kunjungan Netanyahu atas dasar langkahnya menuju pertumbuhan otoritarianisme dan rasisme anti-Palestina.

"Di tengah perkembangan ini, Inggris, daripada menyambut Netanyahu dengan tangan terbuka, harus mengeluarkan surat perintah penangkapan untuknya atas kejahatan perang yang telah dilakukannya terhadap rakyat Palestina," tegas Zaher Birawi, ketua PFB.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)