7 Pendaki Ritual Gunung Lawu Dievakuasi

Rabu, 21 Oktober 2015 - 18:34 WIB
7 Pendaki Ritual Gunung Lawu Dievakuasi
7 Pendaki Ritual Gunung Lawu Dievakuasi
A A A
SURABAYA - Upaya evakuasi sejumlah pendaki terus dilakukan. Setidaknya, hingga saat ini sudah ada tujuh pendaki ritual yang berhasil dievakuasi ke Posko Cemoro Kandang, Jawa Tengah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinvi Jawa Timur Sudarmawan mengatakan, di atas puncak Gunung Lawu masih tersisa delapan pendaki ditambah tiga orang pedagang.

"Tujuh Sudah dievakuasi, kini berada di Posko Cemoro Kandang, perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Sudarmawan, kepada wartawan, Rabu (21/10/2015).

Saat ini Tim Gabungan BPBD Jatim dan Basarnas sedang membujuk agar mereka yang berada di puncak Lawu bersedia turun.

Sudarmawan juga menyebut, posisi para pendaki yang belum mau turun ini berada di titik aman dari lokasi kebakaran hutan. Namun demikian, upaya antisipasi juga harus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Bagaimanapun juga keselamatan pendaki harus menjadi prioritas. Mereka tetap akan didekati agar mau turun ke Posko yang lebih aman," tambahnya.

Sudarmawan juga menyebut, beberapa pendaki yang bersedia turun itu berasal dari Jawa Tengah, yakni Boyolali, Surakarta, dan Solo. Kemungkinan, mereka yang tidak mau turun karena proses ritual di kawasan tersebut belum selesai.

"Pendekatan terus dilakukan agar mereka juga mau turun bersama dengan pendaki lainnya," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4477 seconds (0.1#10.140)