Ikuti Cooking Class, Perempuan Tanjungbalai Belajar Bikin Bubur Podas

Jum'at, 24 Maret 2023 - 11:36 WIB
loading...
Ikuti Cooking Class, Perempuan Tanjungbalai Belajar Bikin Bubur Podas
Relawan Srikandi Ganjar Sumut menggelar cooking class membuat masakan ramadan khas Melayu yaitu bubur Podas di Jalan Pelabuhan, Kelurahan Perjuangan, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Jumat (24/3/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TANJUNGBALAI - Relawan Srikandi Ganjar Sumut menggelar cooking class membuat masakan ramadan khas Melayu yaitu bubur podas. Kegiatan ini digelar dengan komunitas Pengopek Kerang (Perang)

Bubur podas atau bubur pedas adalah salah satu kuliner tradisional masyarakat Sumut. “Makanan ini merupakan kuliner kebanggaan masyarakat Melayu pada umumnya," kata Firda di Jalan Pelabuhan, Kelurahan Perjuangan, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Jumat (24/3/2023).

Namun, menurut Firda, saat ini masih banyak yang belum mengetahui cara membuat bubur podas. Dalam pembuatan bubur podas ada lebih kurang 40 jenis bahan yang harus disiapkan. Mulai dari bumbu rempah, kelapa, beras, aneka sayuran, aneka lauk hingga dedaunan.

Hal itu juga yang menjadi ciri khas dan kesulitan tersendiri dari belajar membuat bubur podas ini. Selain memiliki bahan yang banyak, cara proses pembuatannya juga terbilang lama. “Namun usaha untuk membuat masakan ini sebanding dengan kelezatan yang dihasilkan," sambungnya.

Diharapkan makanan ini bisa populer kembali di bulan puasa. Bisa juga dijadikan sebagai bisnis usaha musiman yang menjanjikan untuk ditekuni.

“Kegiatan itu juga sejalan dengan program Pak Ganjar Pranowo yang selalu memberikan edukasi serta pengetahuan kepada masyarakat untuk terus melestarikan budaya baik itu dari kuliner hingga kesenian,” jelasnya.

Meta, salah satu warga yang mengikuti cooking class mengaku sangat senang karena mendapat ilmu baru dalam hal memasak. "Biasanya kita hanya makan. Sekarang jadi tahu cara membuatnya juga. Bubur ini sudah cukup terkenal di sini. Terima kasih Srikandi Ganjar," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)