Apa Manfaat Kurma di Bulan Puasa? Bisa Jadi Sumber Energi

Jum'at, 24 Maret 2023 - 08:15 WIB
loading...
Apa Manfaat Kurma di Bulan Puasa? Bisa Jadi Sumber Energi
Buah kurma menjadi primadona saat bulan puasa tiba. Buah yang terkenal dengan rasa manisnya ini begitu digandrungi masyarakat khususnya umat Muslim. Foto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Buah kurma menjadi primadona saat bulan puasa tiba. Buah yang terkenal dengan rasa manisnya ini begitu digandrungi masyarakat khususnya umat Muslim di bulan puasa ini.

Pasalnya, kurma menjadi salah satu buah yang kaya akan manfaat, terlebih saat umat Muslim menjalankan ibadah puasa . Apa lagi, kurma sendiri memiliki banyak jenis yang bisa dikonsumsi baik saat sahur maupun berbuka.

Tak hanya itu, ada banyak pula khasiat yang bisa didapatkan dari buah kurma dan bisa berdampak positif bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kurma di Bulan Puasa


Penasaran, manfaat apa saja yang ada pada buah kurma khususnya di bulan Ramadan ini? Berikut daftarnya dilansir dari BBC Good Food, Jumat (24/3/2023).


1. Kaya Serat


Saat berpuasa, tubuh akan kekurangan serat lantaran konsumsi makanan yang tidak seimbang saat sahur dan berbuka. Hal ini menyebabkan nutrisi yang diterima tubuh jadi tidak seimbang.

Karenanya, kurma membantu mencukupi asupan serat meski sedang menjalani ibadah puasa. Satu buah kurma mengandung 7 gram serat.

Dalam sebuah penelitian 4 Trusted Source, 21 orang yang mengonsumsi 7 buah kurma per hari selama 21 hari. Mereka mengalami peningkatan frekuensi buang air besar dan tidak mengalami sembelit.

2. Pemanis Alami Menyehatkan


Kurma juga menjadi pemanis alami yang menyehatkan untuk tubuh. Di bulan Ramadan, dianjurkan mengonsumsi makanan manis saat berbuka untuk mengembalikan stamina tubuh.

Untuk itu, kurma sangat baik dikonsumsi terutama saat buka puasa. Selain nikmat, rasa manis alami dari kurma juga sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.


3. Kaya Vitamin


Kurma mengandung banyak manfaat yang diperlukan tubuh saat berpuasa. Diketahui, kurma kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk energi dan kesehatan selama berpuasa.

Kurma juga mengandung tinggi kalori dibanding buah kering lainnya. Selain itu, para ahli juga menyebut kurma mengandung serat, vitamin, mineral penting, serta sedikit protein.

4. Kaya Antioksidan


Satu lagi manfaat dari buah kurma yang cocok dikonsumsi di bulan puasa adalah antioksidan. Kurma merupakan sumber yang kaya senyawa tanaman pelindung yang memiliki sifat antioksidan. Ini termasuk polifenol, karotenoid dan lignan, yang telah terbukti membantu mengelola risiko penyakit kronis.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)