Pohon Tumbang Timpa 6 Mobil di Kampus ITB

Rabu, 07 Oktober 2015 - 18:42 WIB
Pohon Tumbang Timpa 6 Mobil di Kampus ITB
Pohon Tumbang Timpa 6 Mobil di Kampus ITB
A A A
BANDUNG - Dua pohon besar tumbang menimpa enam mobil yang terparkir di depan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Rabu siang (7/10/2015). Kedua pohon yang jaraknya berdekatan itu, roboh akibat diterjang hujan dan angin yang kencang.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung, AKBP Asep Amar mengatakan, insiden tersebut tidak memakan korban. Pasalnya semua mobil yang terparkir memang sedang dalam keadaan kosong penumpang.

Akibat kejadian ini, akses lalu lintas di Jalan Ganeca ditutup sementara. “Kami berikan kesempatan petugas untuk mengevakuasi pohon dulu,” ujarnya di lokasi kejadian.

dia menyebutkan, Satu pohon menimpa lima mobil sekaligus yaitu Honda Brio silver D 1347 ADJ, Honda Brio merah D 1520 ACC, Terios hitam D 1676 ADH, Honda Freed silver B 268 AMS dan Brio putih D 1574 ADR.

Mobil Terios paling parah dengan kondisi ringsek bagian depan terhantam batang pohon ukuran jumbo. Sedangkan satu pohon lainnya rubuh mengenai Honda Jazz silver B 1456 BKO. Mobil tersebut rusak parah. Bagian atap dan kaca depan hancur berantakan.

Salah seorang saksi mata, Surajiman (50) mengungkapkan detik-detik terjadinya insiden tersebut. Saat itu hujan lebat disertai angin kencang.

Langit pun gelap dan gelegar petir begitu keras. Dia mengatakan, pada saat hujan angin, dia tengah berteduh di area kampus ITB. Pada saat itu, 30 menit kemudian dua pohon tiba-tiba tumbang dan menimpa keenam mobil tersebut.

“10 menit setelah pohon tumbang, hujan reda. Saya langsung menghadang jalan agar tidak terlintasi kendaraan lain. Khawatir ada pohon tumbang lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung, Arief Prasetya mengemukakan, ada 24 lokasi kejadian serupa, 4 diantaranya yakni pohon besar tumbang seperti yang terjadi di Kampus ITB. Adapun lokasinya di Jalan BKR, Jalan Riau, Jalan Cihampelas, Jalan Cikawao, Pinggir Sungai Cidurian, Hegarmanah, Jalan Ganeca, Kawasan Dago Cikapayang, dan beberapa titik lainnya.

“Dari 24 lokasi, kebanyakan didominasi patah dahan pohon yang besar. Sedangkan 4 lokasi lainnya seperti di Hergamanah, Dago Cikapayang, dan ITB itu memang pohon besar yang tumbang. Kalau yang di Cihampelas itu Billboard yang runtuh,” katanya.

Berdasarkan laporan sementara, faktor penyebab terjadinya pohon tumbang dikarenakan usia pohon yang sudah tua.

Pihaknya mengimbau pada masyarakat, agar pada saat hujan lebat tidak berdekatan dengan pohon besar atau reklame yang memang ukurannya besar.

Soal ganti rugi akibat insiden tumbangnya pohon, pihaknya berencana mengalokasikan anggaran khusus untuk ganti rugi masyarakat yang terkena dampak.

Ke depannya, pemkot melakukan ganti rugi melalui asuransi. “Kami langsung memberikan langsung ganti rugi, tapi nanti akan dikelola melalui asuransi,” pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5980 seconds (0.1#10.140)