Sambut Ramadan, Tradisi Megengan Digelar di Ponpes Al-Ijtihad Kediri

Sabtu, 18 Maret 2023 - 10:00 WIB
loading...
Sambut Ramadan, Tradisi Megengan Digelar di Ponpes Al-Ijtihad Kediri
Menyambut bulan suci Ramadan, GGN menggelar tradisi Megengan di Ponpes Al-Ijtihad Desa Setono Rejo, Kecamatan Kras, Kediri, Jumat (17/3/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KEDIRI - Menyambut bulan suci Ramadan, Gus-Gus Nusantara (GGN) menggelar tradisi megengan. Kegiatan itu digelar bersama keluarga besar Ponpes Al-Ijtihad Desa Setono Rejo, Kecamatan Kras, Kediri.

Tradisi megengan merupakan kebudayaan Nusantara dalam menyambut Ramadan dengan bergembira, membaca zikir, selawat, dan doa bersama. “Ini merupakan bentuk persiapan mensucikan diri menyambut bulan Ramadan,” kata Korwil GGN Jatim Gus Alwy Hasan di Ponpes Al-Ijtihad Desa Setono Rejo, Kecamatan Kras, Kediri, Jumat (17/3/2023).

Dengan digelarnya kegiatan ini, Gus Alwy berharap masyarakat semakin mengenal pentingnya silaturahmi dan menjaga kebudayaan. “Harapan kami agar masyarakat mengenal pentingnya silaturahmi. Seperti yang dicontohkan oleh sosok Pak Ganjar. Peduli terhadap adat kebudayaan nusantara Islam,” ungkapnya.

Kegiatan ini mendapat sambutan meriah dari para santri hingga masyarakat. Hal tersebut terlihat dengan banyaknya peserta yang hadir dalam acara kali ini.

“Alhamdulillah semenjak kami beritahukan akan ada acara ini semuanya mendukung, mulai dari santri hingga masyarakat,” jelasnya.

Pengurus Ponpes Al Ijtihad Mukhid Zainal mengaku sangat terbuka dengan adanya kegiatan-kegiatan positif yang digelar GGN. Dia berharap kegiatan ini mendapat keberkahan bagi penyelenggara atau peserta yang hadir.

“Kami berharap di kemudian hari acara ini dapat dilaksanakan kembali. Karena ini sangat bermanfaat, membuka hati dan pikiran. Semoga mendapat keberkahan bagi semuanya,” kata Mukhid Zainal.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan doa bersama untuk kedamaian dan keberkahan negara Indonesia. GGN juga memberikan bantuan alat kebersihan dan cat dalam rangka kerja bakti bersih di lingkungan desa.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)