Tarekat Naqsabandiyah Lebaran Idul Adha Hari Ini

Selasa, 22 September 2015 - 09:51 WIB
Tarekat Naqsabandiyah Lebaran Idul Adha Hari Ini
Tarekat Naqsabandiyah Lebaran Idul Adha Hari Ini
A A A
PADANG - Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1436 Hijriah atau Lebaran Haji jatuh pada hari ini. Penetapan 10 Zulhijah pada hari ini dilakukan berdasarkan hisab munjid dengan menghitung 100 hari setelah Ramadan.

Tadi pagi, ratusan jemaah Tarekat Naqsabandiah di Kota Padang menggelar salat Ied bersama di sejumlah masjid dan musala. Salah satunya tampak di Masjid Baitul Makmur, Kampung Binuang, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Ratusan jemaah Naqsabandiah ini dengan khusuk melaksanakan ibadah salat Ied bersama. Setelah melaksanakan salat berjamaah, jemaah Tarekat Naqsabandiyah melaksanakan upacara kurban.

Jatuhnya 10 Zulhijah pada hari ini, diputusakan dengan berdasarkan metode penghitungan hisab munjid, yakni sistem penanggalan Naqsabandiah yang sudah dipercayai secara turun temurun.

Metode ini dilakukan bukan dengan cara melihat bulan, melainkan menghitung sebanyak 100 hari setelah bulan suci Ramadan. Berdasarkan hasil hitungan itu, maka diputuskan bahwa Hari Raya Idul Adha jaruh pada hari ini.

Merayakan Hari Idul Adha 1436 H tidak saja dilakukan oleh seluruh jemaah Naqsabandiah di Kota Padang saja. Namun juga di Pariaman, Pesisir Selatan, dan sejumlah daerah di luar Provinsi Sumatera Barat, seperti Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sebanyak lima ekor kambing dan dua ekor sapi akan dikurbankan setelah melaksanakan salat Ied pada hari ini oleh jemaah Naqsabandiah.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8209 seconds (0.1#10.140)