91% Remaja Salah Menggosok Gigi

Kamis, 17 September 2015 - 10:20 WIB
91% Remaja Salah Menggosok Gigi
91% Remaja Salah Menggosok Gigi
A A A
SURABAYA - Menggosok mungkin terlihat sepele padahal sebenarnya tidak demikian. Berdasarkan survei hampir 91% remaja di Indonesia masih salah menggosok gigi. Mengapa gosok gigi begitu penting?

Menurut Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) drg. Farichah Hanum, menggosok gigi yang benar merupakan sikap awal untuk terhindar dari berbagai penyakit. Mengingat gejala sakit yang timbul di area gigi dan mulut kemungkinan bisa tersambung dengan gejala penyakit lain.

”Setiap orang sebaiknya rutin memeriksakan gigi setiap enam bulan sekali agar jika ada kelainan bisa terdeteksi dini,” kata Hanum saat dijumpai dalam acara peresmian Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Kampus A Universitas Airlangga (Unair), kemarin.

Lewat acara yang juga bekerja sama dengan PT Unilever melalui produknya Pepsodent, Hanum memaparkan hasil riset yang pernah dilakukan. Ada 2,9% penduduk Indonesia mengeluhkan gangguan gigi dan mulut bahkan angka kesadaran menggosok gigi juga turun. Pada 2014 misalnya, 5,2% masyarakat sadar akan pentingnya menggosok gigi sementara tahun ini justru menjadi 2,5%.

Penurunan ini bisa jadi memang kurang meratanya penyebaran dokter gigi dan layanan kesehatan oral. Karena itu, masyarakat kurang mendapat edukasi dan tidak tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi juga dikatakan Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) Prof. H.R.M Coen Pramono D drg. SU, sp.BM(K).

Menurut dia, jika sakit yang dibiarkan dampaknya mengular ke penyakit lain. ”Kebanyakan rasa sakit yang timbul di gigi dan mulut menyerang radang sendi, bisa juga jantung atau diabetes. Jadi pemeriksaan gigi sedini mungkin juga bisa sekaligus mencegah atau setidaknya mendeteksi dini penyakit yang bisa saja muncul dalam tubuh seseorang,” ujarnya pria yang juga menjabat Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unair.

Mamik wijayanti
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6648 seconds (0.1#10.140)